Latest Post


Jakarta -- 20 Juli 2017. Fasilitator pelatihan 1000 Web Blog Guru Madrasah Catur Yoga Meiningdias, mengatakan bahwa kegiatan 1000 Web Blog Guru Madrasah tahap ke-1 sudah dinyatakan selesai pada Kegiatan Belajar (KB) ke-5. Sehingga peserta yang sudah lulus berhak mendapatkan E-Certificate dan kaos 1000 Web Blog Guru Madrasah bagi peserta yang terpilih karenda sudah fokus di blognya dengan mengisi berbagai macam konten tentang Madrasah. 

Pendaftar pada workshop tahap ke-1 ini berjumlah 1263 peserta berasal dari beberapa guru Madrasah seluruh Indonesia, data dapat dilihat di: http://edutech.madrasah.id/index.php/event/1000-web-blog-guru-madrasah yang pada akhirnya hanya 658 peserta yang berhasil menggunakan email @madrasah.id yang telah diberikan oleh fasilitator. Dari 658 peserta yang berhasil dalam workshop ini berjumlah 130 peserta dan 7 peserta didiskualifikasi karena tidak mengerjakan secara bertahap dalam kegiatan belajar. Total peserta 123 peserta.  

Terima kasih kepada bapak dan ibu peserta yang telah serius dalam pelatihan, dan terima kasih juga saya ucapkan atas kesabarannya selama mengikuti kegiatan ini. Madrasah Lebih Baik.

  1. Aan Ulfayati, S.Pd http://kanip.madrasah.id
  2. Abdul Aziz, S.Pd.SD http://abdulaziz.madrasah.id
  3. Abdul Wahid, S.H.I http://abdulwahid.madrasah.id
  4. Ace Syaripudin, S.Pd.I http://maalfalaahiyyah.madrasah.id
  5. Achmad Fauzi, S.Kom. http://be-maker.madrasah.id
  6. Achmad Sya'roni, S.Pd., M.Pd http://cakroni.madrasah.id
  7. Ade Rohman, S.Pd.I http://annurcikampek.madrasah.id/
  8. Adhitya Yulian Dewanto http://miniatur.madrasah.id
  9. aftriyarna,s.pd.i http://budayaislam.madrasah.id
  10. Agus Gunawan http://agusgunawan.madrasah.id
  11. Ahmad Bisyri, S. Kom http://bisyri.madrasah.id/?m=1
  12. Ahmad Rais, S.Pd.I http://rais88.madrasah.id
  13. Ali Hasan http://Albetas.madrasah.id
  14. Anizar.S.Pd http://anibio.madrasah.id
  15. ARIF IHSANUDIN, S.Pd.I http://arifihsan.madrasah.id
  16. Asep Gunawan Yudhistira, S.Kom http://belajarlagi.madrasah.id/
  17. Bambang Haryanto, S.Pd http://bambangharyanto21.madrasah.id
  18. Bambang Sugiarto, S.Pd http://bams.madrasah.id
  19. Belly, S.Pd http://belly.madrasah.id
  20. Betti Yusfa,S.Pd http://bencoolen.madrasah.id
  21. Dalta, A.Md http://dalta.madrasah.id
  22. DEDEN MARJUKI, S.Pd.I http://deden.madrasah.id/
  23. Dewi Astuti, M.Pd http://bindo6dewi.madrasah.id
  24. Dra. Herlin Suswati, M.Pd http://putra.madrasah.id
  25. Dra. Sri Hartini http://srihirwandiibk.madrasah.id
  26. Dra. Suningsih http://ipaningsih.madrasah.id
  27. Drs. Aep Saepudin http://aepsaepudin.madrasah.id/
  28. Drs. Ahmad Jumhur, M. Pd. http://Ade.madrasah.id
  29. Eka Suyatno http://ekasuyatno.madrasah.id
  30. Elfanetri,M.Pd http://elfageo.madrasah.id
  31. Eriek Tahrik Alam Hakim http://insunmedal.madrasah.id
  32. ERNA FITRIANA, S.Pd http://rajakem.madrasah.id
  33. Erni Rokhaeci,S.Pd http://lovechemistman5.madrasah.id
  34. Eva Afifah, SE, M.MPd http://evaalone.madrasah.id
  35. Eva Susanti, M. Pd. Mat http://evamath.madrasah.id
  36. Evi Susilawati,M.Pd http://evibind.madrasah.id
  37. Eza Avlenda, S.Pd., M.Si. http://semangatpenulis.madrasah.id
  38. Fahrul Tajudin, S.Pd http://fahrul.madrasah.id
  39. Faizal Amri http://faizal.madrasah.id
  40. Gunaryo Setyo Nugroho, S.Pd.Si http://pakgrgurufisika.madrasah.id
  41. Hasan Basri, M.Pd http://hasan.madrasah.id
  42. Heni Rohmawati http://mtsassaadah.madrasah.id
  43. Herawati, M.Ag http://hera.madrasah.id
  44. Heri Nuraini, S.PdI http://ragil.madrasah.id
  45. HERMANSYAH, S.Pd.I http://hermansyah.madrasah.id
  46. Herni Yusnita, M.Pd.I http://hernibk.madrasah.id
  47. Hidayatul fitriah, S.Pd http://Pptbio31.madrasah.id
  48. Ihda Nur Rohmah http://sinaubahasaarab.madrasah.id
  49. Irmah Yuliatin, S.Pd http://irmah.madrasah.id
  50. Ita Octavia Rhayu Kurniasuh, M.Pd.I. http://catatanku77.madrasah.id
  51. Joko Sugiharto, SH jokosugiharto.madrasah.id
  52. Jumati Rahayu, ST http://tikman2bengkulu.madrasah.id
  53. Kanip Ansori, S.Pd.I http://miitlogohaji.madrasah.id
  54. Karlianor Arief, S.Ag., M.Pd.I http://karli.madrasah.id
  55. Khoiruman,M.Pd.I http://khoiruman.madrasah.id/
  56. Kustaji http://maattawaazun.madrasah.id
  57. LALU SAHIRUDIN, S.Pd http://gurunujumulhuda.madrasah.id
  58. LILIK ERNAWATININGSIH, S.Pd http://sainsmi.madrasah.id
  59. Lisnur Azizah, S.Pd http://gurunulis.madrasah.id
  60. M. JUN HUMAIDI, S.ThI http://junhu.madrasah.id
  61. Mahmudah, SPd http://fisika9.madrasah.id
  62. Marlina, S.Pd.I http://marlina.madrasah.id
  63. Marwan Fathul Hadi http://syiar.madrasah.id
  64. marwi,S.Pd.I http://marwi.madrasah.id
  65. Mawardi, S.Pd http://ypassaadahlabuapi.madrasah.id
  66. Meri Yuniarsi, M.Pd. Si http://meriyuniarsi.madrasah.id/
  67. Mery Yumiati, M.TPd http://meryyumiati.madrasah.id
  68. Moh. Iqbal NB, S.Kom.I iqbalnani.madrasah.id
  69. Moh. Miptahudin, S.Pd http://miftahppkn.madrasah.id
  70. Muh. Sukri Malendra, A.Md http://tutorialguru.madrasah.id
  71. Muhamad Nurulloh, S.PdI http://mansaka.madrasah.id
  72. Muhammad Arabi, S.Pd.I http://masmip1946.madrasah.id
  73. Muhammad Arsyad Marwan, S. Pd. http://sahabat.madrasah.id
  74. Muhammad Jauhar Halil, S.Adm http://jauhar.madrasah.id
  75. Muhammad Masduqi,S.Pd.I http://madsada.madrasah.id
  76. Muhammad ramdoni, S.Pd.I http://mtsnuruljannahnw-amp.madrasah.id
  77. Muhammad Yandi Syukri, M.Pd http://yandisyukri.madrasah.id
  78. Muhammad Yusri Zulfa,S.Pd.i http://kkgpaisdtanahluas.madrasah.id
  79. Munawir Abd. Muis, ST http://darulaman.madrasah.id
  80. Muslihah Faiqotul Himmah, M.Pd http://arabic.madrasah.id
  81. Muslihuddin.S.Pd http://darulfatihin.madrasah.id
  82. Nadiyah, S.H http://catatannadiyah.madrasah.id
  83. Nandar Suhendar, S.Pd http://sukses.madrasah.id
  84. Nopi Sandra Yulis, S.Pd http://nopisandraeko.madrasah.id
  85. Novianti Mulyana, M. Pd. http://funmathnovianti.madrasah.id
  86. Nurmala,M.Pd http://malamath.madrasah.id
  87. Nurmawati,M.Pd http://nurmawati.madrasah.id
  88. Nurzanah, S. Pd http://bindomansel.madrasah.id
  89. Ojat Darojat min13cms.madrasah.id
  90. Okdafid S. PdI http://cbt.madrasah.id
  91. Puguh Ari Wicaksono, S.Pd.I http://puguh.madrasah.id/
  92. Rahayu, M.Pd http://rahayu.madrasah.id
  93. Ria Trisnawati, S.Pd minwbagikpolak.madrasah.id
  94. Rifatul Mustafidah http://matmiazz.madrasah.id
  95. Rita Eka Zahara, S. Ag, M. Pd.I http://ritaekazahara.madrasah.id
  96. RIVON HERU CAHYONO, ST http://madrasahku.madrasah.id
  97. Rizal, S.Pd http://rizal.madrasah.id
  98. Rusmal Kahvi, S. Pd SD http://gurukelas.madrasah.id
  99. Sabli, S. Pd. I http://sabliegok.madrasah.id/
  100. SARJOKO http://sarjoko77.madrasah.id
  101. Sibawaih Azhari, S. Pd.I http://ibawaih.madrasah.id
  102. Siska Putri Setyaningrum http://siskaputris.madrasah.id
  103. Siti Aliyah, S.Pd http://sitialiyah.madrasah.id
  104. Siti Nurzuliana, S.Pd http://englishclub.madrasah.id
  105. Siti Sittatun Farhah, S.Pd.AUD http://itta.madrasah.id
  106. Sodikin, S.Kom http://sodikin.madrasah.id
  107. Sohibuddin, SE http://man1tangsel.madrasah.id
  108. SriWilujeng Widiastuti, M.Pd. http://sriwilujengbind.madrasah.id
  109. Sukanda, S.Pd http://elektro.madrasah.id
  110. Sulis Rakhmat Kurniawan, S.Pd.I http://lebihbaik.madrasah.id
  111. SUPYAN http://syechqurro.madrasah.id
  112. Susi Afriyeni http://susimath.madrasah.id
  113. Syafei,S.Ag.M.Si http://cinta.madrasah.id
  114. Taufik Husein, S.S., M.Pd http://Taufikhusein.madrasah.id
  115. Temy Yulianti,S.Pd http://temylove.madrasah.id
  116. Tinia Leyli Shofia Ahmad, S.Pi,M.Si. http://duniabiologi.madrasah.id
  117. Tolib,S.Pd.I http://tolib.madrasah.id
  118. Tri Haryati, S.Pd.I http://triharyati.madrasah.id
  119. Tudoni Romeo Jaemanah http://kkmicipakdana.madrasah.id
  120. Umul Baroroh, S.Pd.I https://umulbaroroh.madrasah.id
  121. Usup Sidik,S.Ag http://usup.madrasah.id
  122. Uus Tresna Suta,S.pd http://suta.madrasah.id
  123. Veranika http://hijrahvera.madrasah.id
  124. Wardah Ulul Azmy, SE http://kainita.madrasah.id
  125. Weniarti, M.Si http://javanakimia.madrasah.id
  126. Yadi Suryadi, S.Pd.I http://ashsholahiyahcilamaya.madrasah.id
  127. Yudi Handoko, S.Pd http://mantpi.madrasah.id
  128. Yunitasari, M.Pd.Si http://chemistryyuni.madrasah.id
  129. Yurmawita, M.Pd.Mat http://missmath.madrasah.id/
  130. Zuhrowardi YS, S.Ag. http://zuhrowardi.madrasah.id






4

Jakarta -- 2 Juli 2017. Untuk mengisi liburan Idul Fitri 1438 H, Catur Yoga Meiningdias mengajak guru-guru dalam komunitasnya untuk belajar bersama di situs Microsoft Educator Community, alhamdulillah sekitar 30 guru tertarik dan ingin belajar bersama. Worskhop ini diadakan dengan tujuan menambah pengetahuan dan kompetensi pembelajaran abad 21 yaitu pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar.

Peserta bersama-sama belajar bagaimana cara mendaftar di Microsoft Educator Community https://education.microsoft.com, berdiskusi mengenai materi yang terdapat pada situs tersebut untuk mendapatkan point dan lencana sebagai level kita dalam menyelesaikan materi pada kursus yang telah kita ambil. Tidak hanya  mengikuti materi yang tersedia saja, tapi peserta pun mencoba untuk membuat materi yang mereka miliki untuk diupload dalam situs tersebut.

Belajar dimana saja, kapan saja, kita dapat atur sendiri dengan hanya modal niat untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin dalam pengajaran berbasis Teknologi.

Peserta yang sudah berhasil mendaftar dan melakukan kegiatan belajar melalui materi yang tersedia di Microsoft Educator Community https://education.microsoft.com

1. Catur Yoga M: https://education.microsoft.com/Status/Public?token=7228b15f
2. Fahrul Tajudin: https://education.microsoft.com/Status/Public?token=R63TbfBP
3. Marwan Fathul Hadi : https://education.microsoft.com/Status/Public?token=2iWDh2GA
4. Ali Hasan : https://education.microsoft.com/Status/Public?token=KwVCuKEO
5. Hasan Basri: https://education.microsoft.com/Status/Public?token=djMpekqd
6. Fitriyanti: https://education.microsoft.com/Status/Public?token=XqJHcTZQ
7. Henny Octaviany https://education.microsoft.com/Status/Public?token=U28hPutl
8. Heri Ragil : https://education.microsoft.com/Status/Public?token=f2p9GPwg
9. Puguh Ari Wicaksono : https://education.microsoft.com/Status/Public?token=3useMX1W
10. Agus Gunawan: https://education.microsoft.com/Status/Public?token=2RLNcI3W
11. Sulis Rakhmat Kurniawan : https://education.microsoft.com/Status/Public?token=3uUcWyWx
12.  Hanapi =  https://education.microsoft.com/Status/Public?token=4fRDGrkY
13. Karli = https://education.microsoft.com/Status/Public?token=cCpD2907
14. Andy Hermawan: https://education.microsoft.com/Status/Public?token=RfHCNn3W
15. Ace Syarifuddin: https://education.microsoft.com/Status/Public?token=LYsJZ1jy
16. Eriek Tahrik Alam Hakim https://education.microsoft.com/Status/Public?token=7y6SC0i9
17. Yurmawita: https://education.microsoft.com/Status/Public?token=Lc7QlDnZ
18. Muhammad Masduqi : https://education.microsoft.com/Status/Public?token=aQt6NSgc
19. Badruddin: https://education.microsoft.com/Status/Public?token=GS0nOgMq
20. Rizal: https://education.microsoft.com/Status/Public?token=S6Exb86o
21. Arif Ihsanudin : https://education.microsoft.com/Status/Public?token=B8DPrK1k
22. Lilik Ernawatiningsih https://education.microsoft.com/Status/Public?token=EfAW0Z6P
23. Sudarman: https://education.Microsoft.com/Status/Public?token=68ZjaSnL
24. Endri Aprianto : https://education.microsoft.com/Status/Public?token=WPyhB40v
25. Jumati Rahayu: https://education.microsoft.com/Status/Public?token=7vV8b5RF
26. Ade Rohman: https://education.microsoft.com/Status/Public?token=4Ul8cekS

Semoga kawan-kawan yang fokus menerapkan pembelajaran berbasis Teknologi ini dapat menjadi MIE Expert.

1

Jakarta -- 29 April 2017. Guru TIK MAN 9 Jakarta, Catur Yoga Meiningdias membuat pelatihan secara online, komunikasi dilakukan melalui Whatsapp dan pembelajaran dilakukan menggunakan Microsoft Classroom. Peserta yang mengikuti Workshop ini berjumlah 44 Peserta yang berasal dari 44 Sekolah dan Madrasah di Indonesia.

Peserta diwajibkan memiliki domain sch.id, jika peserta tidak memilikinya diharuskan untuk mendaftar di http://domainid.indotarget.net dengan biaya Rp. 55.000 per tahun, dimana situs pendaftaran domain ini dimiliki oleh Catur Yoga Meiningdias dengan tujuan mempermudah peserta dalam mendaftar domain sekolah/madrasah nya.

Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar, 30 domain sch.id berhasil didaftarkan menjadi Office 365 Pendidikan.  

Berikut ini adalah materi Workshop Pendaftaran Office 365 Pendidikan:

Jum’at, 03/02/2017, Sebanyak 23 Pendidik MTs. Negeri 22 Jakarta Timur mengadakan Workshop E-learning pembuatan soal test online dan offline, kegiatan workshop tersebut adalah kegiatan yang dilakukan untuk kedua kalinya, karena pada hari jum’at, 27 Januari 2017 juga sebanyak 22 peserta mengikuti workshop yang sama. Kegiatan workshop E-learning pembuatan soal test online dan offline memang sengaja dibagi 2 gelombang, hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil (output) dari kegiatan workshop tersebut.
Kegiatan workshop diselenggarakan di ruang Lab Komputer MTs. Negeri 22 Jakarta Timur dengan narasumber bapak Catur Yoga Meiningdias, S. Kom. Dalam workshop tersebut para peserta workshop diajarkan bagaimana langkah membuat soal test secara online dan offline, Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan oleh peserta workshop (pendidik MTs. Negeri 22 Jakarta Timur) :
  1. Para peserta workshop diberikan file Aplikasi excam view test generation yang sudah di download
  2. Peserta menginstal file Aplikasi excam view test generation di laptop masing-masing
  3. Membuka hasil Instalan dan diajarkan secara tutorial membuat soal offline di aplikasi tersebut secara bertahap oleh narasumber.
  4. Para peserta ditugaskan membuat minimal 5 soal dengan menggunakan Aplikasi excam view Test Generation
  5. Mengirimkan hasil soal yang dibuat peserta ke alamat : itis.indonesiadigitallearning.com.
  6. Bagi peserta yang sukses mengirimkan tugas yang diberikan, akan mendapat sertifikat dari intel Melalui narasumber
  7. Selanjutnya dari team sekolah menindaklanjutinya dengan pembuatan CBT Cyink yang nantinya akan dibuatkan bank soal per mata pelajaran yang akan digunakan oleh peserta didik, sehingga menghasilkan test Online di MTs. Negeri 22 Jakarta Timur
Setelah para peserta selesai mengikuti langkah-langkah pembuatan soal test online tersebut diatas, maka untuk mengumpulkan hasil (output) yang sudah dikerjakan dibutuhkan operator. Oleh karena itu di akhir sesi workshop E-learning Pembuatan soal test online dan offline kepala madrasah MTsN 22 Jakarta Timur, Bapak Drs. Badrun Fuady, M.Si menunjuk 3 orang operator yang terdiri dari 1 orang pendidik dan 2 orang tenaga kependidikan untuk diberikan pemahaman tentang bagaimana cara memanage servers MTsN 22 Jakarta dan bagaimana cara memanage soal-soal yang sudah dikerjakan oleh pendidik sehingga soal-soal tersebut dapat diakses oleh siswa, baik secara online maupun offline.
Sumber: http://mtsn22jkt.sch.id/?p=3466 

(Humas MAN 9 Jakarta), 29 Agustus 2016. Beberapa guru-guru Madrasah DKI Jakarta mengikuti kegiatan Workshop Pemanfaatan Blog dalam Pembelajaran di Universitas Negeri Jakarta pada hari Sabtu, 27 Agustus 2016 bertempat di ruang Prodi Manajemen Pendidikan, Gedung Daksinapati, Fakultas Ilmu Pendidikan(FIP) Lantai 1 dan kegiatan dibuka oleh Ibu Winda Dewi Listyasari, M.Pd. Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Workshop Pemanfaatan Blog dalam Pembelajaran merupakan program Pengabdian Masyarakat dan dihadiri oleh 25 guru dari berbagai level pendidikan, narasumber dalam kegiatan ini, yaitu bapak Catur Yoga Meiningdias guru TIK MAN 9 Jakarta sekaligus sebagai GEG Leader East Jakarta, dan bapak Danang Hidayatullah guru Binus School Simprug.

Dalam tiga tahun terakhir, cukup banyak prestasi yang diukir siswa madrasah di bidang robotika, baik tingkat nasional maupun internasional. Beberapa madrasah yang bisa disebut terkait prestasi siswanya dalam bidang ini antara lain: MAN 4 Jakarta, MAN 2 Jakarta, MAN 3 Jakarta, MTsN Pamulang, Madrasah Pembangunan, MAN 3 Tangerang, MAN 3 Palembang, dan lainnya. 
Bentuk Kegiatan: Workshop dan Diskusi
Tujuan Kegiatan: Pelatihan Robotika dan Pembentukan Komunitas Robotik Madrasah
Biaya: Rp. 100.000 (Untuk biaya Konsumsi, Sertifikat dan biaya lainnya selama kegiatan)
Trasfer ke Rekening:
Rek. BRI No. : 1389 0100 3303 501
a/n: Anik Sutartik

Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) -- EduTech Madrasah adalah sebuah komunitas yang didirikan oleh sekumpulan guru-guru Madrasah di DKI Jakarta dari jenjang MI/MTS/MA, dengan visi dan misi yang sama untuk menjadikan Madrasah Lebih Baik, khususnya dalam perkembangan pembelajaran berbasis ICT, satu sama lain saling berbagi pengalaman, inspirasi dan pengetahuan dengan membuat pelatihan, dan seminar secara onsite dan online, tutur Catur Yoga M, Minggu(15/04)

Menurut UNESCO, Kompetensi TIK guru dapat dikelompok-kan ke dalam enam aspek (ranah/kawasan), yaitu: 1. Pemahaman TIK dalam pendidikan, 2. Kurikulum dan Penilaian, 3. Pedagogi, 4. Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5. Organisasi dan Administrasi, dan 6. Pembelajaran Guru Profesional.
  1. Aspek Pemahaman TIK dalam pendidikan meliputi pemahaman guru terhadap kebijkan pemerintah dalam pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan, sehingga guru mampu menerjemahkan kebikan tersebut ke dalam praktek aktivitas pembelajaran.
  2. Aspek Kurikulum dan Penilaian meliputi kompetensi guru dalam pemanfaatan TIK dalam hal pengembangan kurikulum, pengelolaan lingkungan belajar, pengelolaan pengalaman belajar siswa, penilaian dan pengukuran, serta pemanfaatan TIK untuk peserta didik berkebutuhan khusus.
  3. Aspek Pedagogi meliputi pemanfaatan TIK dalam hal perencanaan dan penyusunan strategi pembelajaran, pengembangan pembelajaran aneka sumber, pembelajaran berbasis masalah, serta komunikasi dan kolaborasi.
  4. Aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi kompetensi guru dalam penggunaan piranti TIK, baik pemanfaatan multimedia, internet, media audio visual untuk pembelajaran ataupun TIK sebagai penunjang administrasi pembelajaran.
  5. Aspek Organisasi dan Administrasi meliputi integrasi TIK dalam pembelajaran, pengelolaan pembelajaran berbantuan TIK, serta pemahaman tentang etika dalam pemanfaatan TIK.
  6. Aspek Pembelajaran Guru Profesional meliputi kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK untuk pengembangan diri, partisipasi dan kontribusi dalam forum profesi, serta memanfaatkan TIK sebagai sarana riset dan pengembangan professional.
Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah merumuskan kompetensi guru berupa empat kompetensi dasar guru yang termaktub dalam Permendiknas No 16 tahun 2007, yang terdiri dari empat domain, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dalam butir-butir di Permen tersebut yang berkaitan dengan kompetensi TIK guru adalah:
  • Kompetensi Pedagodik: Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.
  • Kompetensi Profesional: Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
Berdasarkan landasan tersebutlah kami dari komunitas guru EduTech Madrasah membuat workshop online untuk guru-guru Madrasah dari belbagai daerah dan belbagai mata pelajaran di kelas digital Google Classroom.

Untuk guru-guru Madrasah yang telah memiliki email @madrasah.id dipersilahkan bergabung di kelas Google Classroom dengan kode kelas: 1j3n1u dan kami sertakan video tutuorial dibawah ini:

Panduan Menggunakan Email @Madrasah.id


Panduan Bergabung di Google Classroom dan Belajar di Google Classroom
 

Semoga dengan video tutorial ini bapak dan ibu dapat bergabung dan mengerti langkah-langkah belajar menggunakan Google Classroom. Salam Madrasah. Madrasah Lebih Baik.

Jakarta (Humas MAN 9) -- Guru TIK MAN 9 Jakarta Catur Yoga Meiningdias diundang oleh Wakil Kurikulum Madrasah Aliyah (MA) Persis 69 Jakarta Timur Arif Rahmat Akbar untuk memberikan pelatihan singkat mengenai langkah-langkah membuat soal berbasis komputer, dimana soal tersebut akan digunakan untuk TryOut Ujian Nasioal Berbasis Komputer di MA Persis 69. Bertempat di Laboratorium dan dihadiri 11 guru mata pelajaran UNBK MA dan dibantu oleh Teknisi UNBK Persis 69 Jakarta Timur Tatang Surya Atmaja, kegiatan dimulai pukul 08.30 sampai 11.30, (31/3).
Arif Rahmat Akbar mengatakan kegiatan ini sangat penting karena kedepannya MA Persis 69 Jakarta Timur akan menerapkan ulangan harian dan ujian berbasis komputer, semua guru diperbolehkan menggunakan laboratorium komputer untuk membuat soal ujian dan melaksanakan ujian berbasis komputer, setiap guru wajib mampu membuat soal berbasis komputer yang telah diterangkan atau dipraktikan oleh Catur Yoga Meiningdias di workshop hari ini.
Aplikasi ujian berbasis komputer atau dikenal dengan Computer Based Test (CBT) yang digunakan pada workshop ini adalah Learning Management System (LMS) Moodle, yang telah dibuat menjadi Virtual System berekstension (.vhd), sehingga dapat dipindahkan dari server/komputer lain yang telah diinstal Virtual Box. Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam “ruang kelas digital” untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain. Moodle itu sendiri adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) yang gratis dapat di-download, digunakan ataupun dimodifikasi oleh siapa saja dengan lisensi secara GNU (General Public License). Anda dapat men-download aplikasi Moodle di alamat http://www.moodle.org

Mengapa harus dibuat kisi-kisi sebelum menulis soal?  Kisi-kisi  dapat didefinisikan sebagai suatu format atau matriks yang memuat informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis  dan merakit soal menjadi tes. Berbagai paket tes yang memiliki tingkat kesulitan, kedalaman materi dan cakupan materi sama (paralel) akan mudah dihasilkan dengan kisi-kisi yang baik. Sebaiknya penulisan kisi-kisi soal  dan pembuatan soal dilakukan oleh orang yang berbeda.


-- Catatan: Untuk mendownload kisi-kisi bapak dan ibu wajib login dengan Email @madrasah.id 

Jakarta (Inhum Jaksel). Kementerian Agama Jakarta Selatan tepatnya di lapangan MAN 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan menjadi tuan rumah Upacara Hari Guru Nasional 2016 yang dihadiri seluruh Kepala Madrasah, Pengawas dan Guru se DKI pada hari Jum’at (25/11).
Pada saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ; Prof. Dr. Muhadjir Effendi, MAP, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta ; H. Abdurrahman yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan Guru memiliki peran yang amat mulia dana mat strategis. Berbanggalah menjadi seorang guru. Sebab di tangan para guru, Pamong dan Tenaga Kependidikan, masa depan bangsa kita menjadi taruhan. Melalui anak-anak peserta didik di sekolah, di sanggar-sanggar belajar, kita akan menentukan masa depan bangsa. Tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru. Kita bisa berdiri tegak saat ini juga karena pernah ditempa oleh para guru. Sejak ditetapkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, maka secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja professional.
Profesionalisme guru, khususnya berkaitan dengan pengembangan keprofesian dan karirnya makin terus ditumbuhkembangkan. Beberapa kebijakan strategis untuk membentuk guru yang professional, sejahtera, bermartabat dan terlindungi sedang dan akan terus dilakukan oleh pemerintah di semua tingkatan. Peningkatan profesionalisme guru menjadi salah satu dari lima agenda utama pembangunan pendidikan nasional.
Dalam kesempatan ini Ka.Kanwil memberikan penghargaan kepada 5 Orang Guru Madrasah Inspiratif di Lingkungan Kanwil Kemenag DKI Jakarta. Masing-masing penerima penghargaan, adalah :
  1. Retno Dewi Utami, M.Pd (Kepala MTs N 19 Jakarta) sebagai Kepala Madrasah Inspiratif, atas jasanya menjadi pionir membuat madrasah inklusi di DKI Jakarta.
  2. Handayani Suminar Indrati, S.Pdi (Kepala RA An-Nahl Jakarta) sebagai Kepala RA Inspiratif, atas jasanya membuat metode menghafal hadist dengan gerakan, yang telah menginspirasi secara nasional dan berhasil menjadi Guru RA Teladan Tingkat Nasional.
  3. Fathan Mubin, S.Kom (Guru MAN 4 Jakarta) sebagai Guru Inspiratif, atas jasanya di bidang robotic untuk membimbing Tim Robotic yang berhasil memenangkan Juara Internasional, sehingga membawa nama madrasah di kancah internasional.
  4. Teguh Imam Agus Hidayat, S.Pd (Guru MIN 9 Jakarta) sebagai Guru Inspiratif atas jasanya dibidang Olimpiade Matematika & Science. Berhasil membimbing beberapa anak madrasah untuk dapat memenangkan Olimpiade Matematika & Science Tingkat Internasional, sehingga membawa nama madrash DKI Jakarta berkibar di kancah Internasional.
  5. Catur Yoga Meiningdias, S.Kom (Guru MAN 9 Jakarta) sebagai Guru Inspiratif atas jasanya menjadi inisiator pembelajaran online di lingkungan Madrasah DKI Jakarta.
Seusai upacara siswa MAN 4 memperlihatkan kebolehannya melalui karya seni mulai dari lagu hymne guru yang telah di aransemen ulang, hingga lagu ciptaan mereka sendiri.
Hadir juga dalam kesempatan ini Kabag TU Kanwil Kemenag Prov DKI Jakarta H. Saiful Mujab, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov DKI Jakarta H. Sadirin, Kasi Kurikulum dan Evaluasi Kanwil Kemenag Prov DKI Jakarta H. Nur Pawaidudin, Kepala Kantor Kementerian Agama Jakarta Selatan H. Karsa Sukarsa, Kasubbag TU KanKemenag Jaksel H. Latifudin, Kasi Penmad KanKemenag Jaksel Hasyim dan Kepala MAN 4 sendiri H. Ismail Nur. (RS)

(Humas MAN 9 Jakarta), Sabtu, 03 September 2016, komunitas EduTech Madrasah DKI Jakarta mengadakan kegiatan yang luar biasa "Teacher Academy: Office 365 - Microsoft in Education" yang bertempat di Laboratorium Komputer MAN 9 Jakarta, Jl. H. Dogol No. 54 Pondok Bambu Duren Sawit Jakarta Timur, kegiatan dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan 16.00. Narasumber dari kegiatan ini bapak Catur Yoga Meiningdias, guru TIK MAN 9 Jakarta sekaligus sebagai Microsoft Innovative Educator (MIE) Trainer. 

Kegiatan Teacher Academy: Office 365 - Microsoft in Education sangat diminati oleh guru Madrasah di DKI Jakarta dari berbagai mata pelajaran, terlihat dari jumlah pendaftar sampai dengan 70 guru Madrasah, data pendaftar dapat dilihat di url: EduTech Madrasah, tidak semua pendaftar diikutkan dalam workshop ini, dikarenakan berbagai alasan, beberapa diantaranya adalah kuota yang kami berikan dalam kegiatan ini hanya untuk 20 peserta, dan ruang Lab Komputer MAN 9 Jakarta yang tidak dapat menampung lebih dari 40 peserta, sehingga kegiatan dibagi dua yaitu tanggal 03 dan 09 September 2016. 

Dra. Suningsih, M.Pd memberikan sambutan dalam kegiatan ini, beliau memberikan apresiasi kepada peserta yang hadir dan komunitas EduTech Madrasah yang telah menjadi wadah bagi para guru Madrasah untuk memberikan dan mendapatkan pengembangan kapasitas profesional, membangun kurikulum, serta menyediakan sumber daya yang mampu meningkatkan metode belajar mengajar berbasis digital.

Dalam kegiatan ini peserta belajar memanfaatkan materi pembelajaran yang ada di website Microsoft Education dan mengikuti quiz-quiz untuk mendapatkan E-Certificate dan Lencana di akun Microsoft Education. Bapak Catur Yoga Meiningdias telah menyiapkan email Office 365 dengan domain user[at]ive.biz.id sehingga peserrta dapat merasakan teknologi terbaru dari Microsoft yaitu Microsoft Classroom. 

Terima kasih kami ucapkan kepada Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jakarta, Dra. Yessy Anwar yang telah mensupport kami dan memberikan tempat dalam kegiatan ini, dan tidak lupa kami ucapkan terima kasih banyak kepada peserta yang telah komitmen menjadi guru Pembelajar untuk meningkatkan kapasitas kompetesinya.

Jakarta, 20 Agustus 2016. Workshop Online "100 Web Blog Guru Madrasah Indonesia" alhamdulillah telah berakhir dengan sukses, kegiatan ini dimulai tanggal 01-20 Agustus 2016 di ruang pembelajaran maya Madrasah.Id: http://learning.madrasah.id yang diikuti oleh ratusan guru Madrasah dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini berlangsung atas dukungan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) TIK MA DKI Jakarta, Google Educators Group (GEG) East Jakarta, GEG Garut, Ikatan Guru Indonesia (IGI) DKI Jakarta, dan IndoTarget.Net.

Berkaitan dengan integrasi TIK dalam Kurikulum 2013 dengan pembelajaran berbasis TIK, maka Kompetensi TIK untuk pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan kompetensi guru, baik kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, maupun kompetensi sosial. Kompetensi TIK merupakan penguat untuk keempat domain kompetensi guru tersebut. Pemanfaatan TIK yang diintegrasikan di dalam pembelajaran aktif juga dapat meningkatkan kapasitas mengajar guru seperti perencanaan pembelajaran serta penerapan pembelajaran aktif.

Menurut UNESCO, Kompetensi TIK guru dapat dikelompokkan ke dalam enam aspek (ranah/kawasan), yaitu: 1. Pemahaman TIK dalam pendidikan, 2. Kurikulum dan Penilaian, 3. Pedagogi, 4. Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5. Organisasi dan Administrasi, dan 6. Pembelajaran Guru Profesional.
  1. Aspek Pemahaman TIK dalam pendidikan meliputi pemahaman guru terhadap kebijkan pemerintah dalam pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan, sehingga guru mampu menerjemahkan kebikan tersebut ke dalam praktek aktivitas pembelajaran.
  2. Aspek Kurikulum dan Penilaian meliputi kompetensi guru dalam pemanfaatan TIK dalam hal pengembangan kurikulum, pengelolaan lingkungan belajar, pengelolaan pengalaman belajar siswa, penilaian dan pengukuran, serta pemanfaatan TIK untuk peserta didik berkebutuhan khusus.
  3. Aspek Pedagogi meliputi pemanfaatan TIK dalam hal perencanaan dan penyusunan strategi pembelajaran, pengembangan pembelajaran aneka sumber, pembelajaran berbasis masalah, serta komunikasi dan kolaborasi.
  4. Aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi kompetensi guru dalam penggunaan piranti TIK, baik pemanfaatan multimedia, internet, media audio visual untuk pembelajaran ataupun TIK sebagai penunjang administrasi pembelajaran.
  5. Aspek Organisasi dan Administrasi meliputi integrasi TIK dalam pembelajaran, pengelolaan pembelajaran berbantuan TIK, serta pemahaman tentang etika dalam pemanfaatan TIK.
  6. Aspek Pembelajaran Guru Profesional meliputi kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK untuk pengembangan diri, partisipasi dan kontribusi dalam forum profesi, serta memanfaatkan TIK sebagai sarana riset dan pengembangan professional.
Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah merumuskan kompetensi guru berupa empat kompetensi dasar guru yang termaktub dalam Permendiknas No 16 tahun 2007, yang terdiri dari empat domain, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dalam butir-butir di Permen tersebut yang berkaitan dengan kompetensi TIK guru adalah:
  • Kompetensi Pedagodik: Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.
  • Kompetensi Profesional: Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
Berdasarkan landasan tersebutlah kami dari komunitas guru Madrasah membuat workshop online untuk guru-guru Madrasah dari berbagai daerah dan berbagai mata pelajaran yang kami kumpulkan di media pembelajaran digital http://learning.madrasah.id
Daftar peserta yang telah lulus dari Workshop 100 Web Blog Guru Madrasah:
Daftar Peserta

Luar Daerah
Laporan Kegiatan Workshop dapat klik gambar dibawah ini:



Jakarta, 05 Agustus 2016. Guru-guru Madrasah dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kegiatan Workshop 100 Web Blog Guru Madrasah, kegiatan ini dimotori oleh  Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO), Google Educators Group (GEG) East Jakarta, dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) TIK Madrasah Aliyah DKI Jakarta. Pendaftaran workshop ini dibuka sejak bulan Juni 2016 di alamat web: http://gegej.madrasah.id/ dan ditutup tanggal 1 Agustus 2016.  Workshop ini cukup banyak diminati oleh guru-guru, sebanyak 447 pendaftar hanya 370 pendaftar yang  dikonfirmasi kepesertaannya oleh Panitia Web Blog Guru Madrasah. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 20  Agustus 2016, sampai saat ini kegiatan masih berlangsung, kegiatan belajar dilaksanakan secara online di E-Learning Madrasah: http://learning.madrasah.id dan untuk diskusi dibuatlah group WhatsApp.

Bapak Catur Yoga Meiningdias, sebagai founder http://learning.madrasah.id, Ketua MGMP TIK Madrasah Aliyah DKI Jakarta, Pemimpin Google Educators Group (GEG) East Jakarta dan Sekretaris Umum (SeKum) Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO) mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh MGMP TIK Madrasah Aliyah DKI Jakarta berrsama AGTIFINDO, GEG EJ, GEG Garut, IndoTarget.net, IGI DKI Jakarta dan Pamongdidik.com, dengan jumlah peserta skala besar, karena diikuti peserta dari berbagai daerah, yaitu: Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Bali, Bangka Belitung, Riau, Lampung, Maluku Utara, NTB, NTT, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara.

Antusias luar biasa dari peserta pada kegiatan ini, membuat website E-Learning Madrasah sempat mati 1 hari dan kegiatan dilanjutkan di Google Classroom Madrasah.Id. Banyak peserta yang gugur dalam workshop online ini dikarenakan keterbatasan pengetahuan peserta mengenai penggunaan web E-Learning Madrasah, dan mereka membutuhkan tutor atau instruktur secara offline bukan online, walaupun sudah dibantu secara maksimal melalui group maupun personal di Whatsapp tetap masih banyak yang berguguran.

Pada kegiatan pembelajaran 2.1 Pembuatan Web Blog dengan Google Sites, sebanyak 125 peserta yang sudah berhasil membuat web blog guru, dengan jumlah ini target pencapaian 100 web blog guru Madrasah.Id telah tercapai.

Kami telah membuktikan bawah Guru Madrasah tidak kalah dengan Guru Sekolah Umum lainnya dalam bidang pembelajaran berbasis ICT. Madrasah Lebih Baik.

Google Forms adalah layanan yang diberikan Google secara gratis untuk mengumpulkan informasi secara online, seperti membuat formulir pendaftaran dan survey. Form online yang dibuat dapat dihubungkan secara langsung ke Google Sheets dan tersimpan di Google Drive. Layanan ini sering digunakan oleh guru untuk melakukan survey maupun tanggapan online dalam kegiatan pembelajarannya, tapi untuk membuat quiz seorang guru perlu menambahkan aplikasi layanan yang lain yaitu Flubaroo, dengan aplikasi tersebut jawaban siswa langsung dapat terkoreksi dan mendapatkan hasil dari quiz tersebut. Tidak semua guru mengetahui penggunaan Add On Flubaroo tersebut, sehingga Google Forms lebih banyak digunakan untuk layanan pendaftaran online maupun Survey. 

Hari ini saya mendapatkan informasi bahwa Google Forms mengupdate aplikasinya dengan menambahkan menu Quiz, sehingga kita dapat membuat Quiz tanpa harus menggunakan Add On Flubaroo, semakin mantap layanan Google Forms ini. Dimanakah menu tersebut? Yuk kita coba membuat Quiz dengan menggunakan Google Forms.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat pertanyaan dengan opsi Pilihan Ganda atau Kontak Centang, buatlah soal sesuai dengan kebutuhan.
Langkah kedua jika semua soal sudah dibuat kita klik menu Setelah atau Setting seperti pada gambar dibawah ini:

Akan tampil jendela Setelan / Setting, pilih menu KUIS-KUIS dan klik tombol Jadikan ini sebagai kuis dan klik SIMPAN, seperti pada gambar dibawah ini:

Setelah kita klik SIMPAN, kita akan kembali ke Forms Soal yang telah kita buat, ada perbedaan yaitu ada menu KUNCI JAWABAN dibawah setiap soal yang telah kita buat, disinilah kita mengatur kunci jawaban untuk setiap soal.

Pilihlah jawaban yang benar dengan mengklik menu KUNCI JAWABAN dan klik opsi yang benar pada setiap soal, serta berikan nilai Skornya, seperti pada gambar dibawah ini:

Ulangi pada setiap soal untuk memberikan Kunci Jawabannya, setelah semua sudah dilakukan, saatnya kita uji coba Quiz di Google Forms. Hasilya seperti Forms dibawah ini:














MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget