Latest Post

Jakarta, 20 Agustus 2016. Workshop Online "100 Web Blog Guru Madrasah Indonesia" alhamdulillah telah berakhir dengan sukses, kegiatan ini dimulai tanggal 01-20 Agustus 2016 di ruang pembelajaran maya Madrasah.Id: http://learning.madrasah.id yang diikuti oleh ratusan guru Madrasah dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini berlangsung atas dukungan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) TIK MA DKI Jakarta, Google Educators Group (GEG) East Jakarta, GEG Garut, Ikatan Guru Indonesia (IGI) DKI Jakarta, dan IndoTarget.Net.

Berkaitan dengan integrasi TIK dalam Kurikulum 2013 dengan pembelajaran berbasis TIK, maka Kompetensi TIK untuk pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan kompetensi guru, baik kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, maupun kompetensi sosial. Kompetensi TIK merupakan penguat untuk keempat domain kompetensi guru tersebut. Pemanfaatan TIK yang diintegrasikan di dalam pembelajaran aktif juga dapat meningkatkan kapasitas mengajar guru seperti perencanaan pembelajaran serta penerapan pembelajaran aktif.

Menurut UNESCO, Kompetensi TIK guru dapat dikelompokkan ke dalam enam aspek (ranah/kawasan), yaitu: 1. Pemahaman TIK dalam pendidikan, 2. Kurikulum dan Penilaian, 3. Pedagogi, 4. Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5. Organisasi dan Administrasi, dan 6. Pembelajaran Guru Profesional.
  1. Aspek Pemahaman TIK dalam pendidikan meliputi pemahaman guru terhadap kebijkan pemerintah dalam pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan, sehingga guru mampu menerjemahkan kebikan tersebut ke dalam praktek aktivitas pembelajaran.
  2. Aspek Kurikulum dan Penilaian meliputi kompetensi guru dalam pemanfaatan TIK dalam hal pengembangan kurikulum, pengelolaan lingkungan belajar, pengelolaan pengalaman belajar siswa, penilaian dan pengukuran, serta pemanfaatan TIK untuk peserta didik berkebutuhan khusus.
  3. Aspek Pedagogi meliputi pemanfaatan TIK dalam hal perencanaan dan penyusunan strategi pembelajaran, pengembangan pembelajaran aneka sumber, pembelajaran berbasis masalah, serta komunikasi dan kolaborasi.
  4. Aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi kompetensi guru dalam penggunaan piranti TIK, baik pemanfaatan multimedia, internet, media audio visual untuk pembelajaran ataupun TIK sebagai penunjang administrasi pembelajaran.
  5. Aspek Organisasi dan Administrasi meliputi integrasi TIK dalam pembelajaran, pengelolaan pembelajaran berbantuan TIK, serta pemahaman tentang etika dalam pemanfaatan TIK.
  6. Aspek Pembelajaran Guru Profesional meliputi kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK untuk pengembangan diri, partisipasi dan kontribusi dalam forum profesi, serta memanfaatkan TIK sebagai sarana riset dan pengembangan professional.
Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah merumuskan kompetensi guru berupa empat kompetensi dasar guru yang termaktub dalam Permendiknas No 16 tahun 2007, yang terdiri dari empat domain, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dalam butir-butir di Permen tersebut yang berkaitan dengan kompetensi TIK guru adalah:
  • Kompetensi Pedagodik: Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.
  • Kompetensi Profesional: Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
Berdasarkan landasan tersebutlah kami dari komunitas guru Madrasah membuat workshop online untuk guru-guru Madrasah dari berbagai daerah dan berbagai mata pelajaran yang kami kumpulkan di media pembelajaran digital http://learning.madrasah.id
Daftar peserta yang telah lulus dari Workshop 100 Web Blog Guru Madrasah:
Daftar Peserta

Luar Daerah
Laporan Kegiatan Workshop dapat klik gambar dibawah ini:



Jakarta, 05 Agustus 2016. Guru-guru Madrasah dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kegiatan Workshop 100 Web Blog Guru Madrasah, kegiatan ini dimotori oleh  Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO), Google Educators Group (GEG) East Jakarta, dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) TIK Madrasah Aliyah DKI Jakarta. Pendaftaran workshop ini dibuka sejak bulan Juni 2016 di alamat web: http://gegej.madrasah.id/ dan ditutup tanggal 1 Agustus 2016.  Workshop ini cukup banyak diminati oleh guru-guru, sebanyak 447 pendaftar hanya 370 pendaftar yang  dikonfirmasi kepesertaannya oleh Panitia Web Blog Guru Madrasah. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 20  Agustus 2016, sampai saat ini kegiatan masih berlangsung, kegiatan belajar dilaksanakan secara online di E-Learning Madrasah: http://learning.madrasah.id dan untuk diskusi dibuatlah group WhatsApp.

Bapak Catur Yoga Meiningdias, sebagai founder http://learning.madrasah.id, Ketua MGMP TIK Madrasah Aliyah DKI Jakarta, Pemimpin Google Educators Group (GEG) East Jakarta dan Sekretaris Umum (SeKum) Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO) mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh MGMP TIK Madrasah Aliyah DKI Jakarta berrsama AGTIFINDO, GEG EJ, GEG Garut, IndoTarget.net, IGI DKI Jakarta dan Pamongdidik.com, dengan jumlah peserta skala besar, karena diikuti peserta dari berbagai daerah, yaitu: Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Bali, Bangka Belitung, Riau, Lampung, Maluku Utara, NTB, NTT, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara.

Antusias luar biasa dari peserta pada kegiatan ini, membuat website E-Learning Madrasah sempat mati 1 hari dan kegiatan dilanjutkan di Google Classroom Madrasah.Id. Banyak peserta yang gugur dalam workshop online ini dikarenakan keterbatasan pengetahuan peserta mengenai penggunaan web E-Learning Madrasah, dan mereka membutuhkan tutor atau instruktur secara offline bukan online, walaupun sudah dibantu secara maksimal melalui group maupun personal di Whatsapp tetap masih banyak yang berguguran.

Pada kegiatan pembelajaran 2.1 Pembuatan Web Blog dengan Google Sites, sebanyak 125 peserta yang sudah berhasil membuat web blog guru, dengan jumlah ini target pencapaian 100 web blog guru Madrasah.Id telah tercapai.

Kami telah membuktikan bawah Guru Madrasah tidak kalah dengan Guru Sekolah Umum lainnya dalam bidang pembelajaran berbasis ICT. Madrasah Lebih Baik.

Google Forms adalah layanan yang diberikan Google secara gratis untuk mengumpulkan informasi secara online, seperti membuat formulir pendaftaran dan survey. Form online yang dibuat dapat dihubungkan secara langsung ke Google Sheets dan tersimpan di Google Drive. Layanan ini sering digunakan oleh guru untuk melakukan survey maupun tanggapan online dalam kegiatan pembelajarannya, tapi untuk membuat quiz seorang guru perlu menambahkan aplikasi layanan yang lain yaitu Flubaroo, dengan aplikasi tersebut jawaban siswa langsung dapat terkoreksi dan mendapatkan hasil dari quiz tersebut. Tidak semua guru mengetahui penggunaan Add On Flubaroo tersebut, sehingga Google Forms lebih banyak digunakan untuk layanan pendaftaran online maupun Survey. 

Hari ini saya mendapatkan informasi bahwa Google Forms mengupdate aplikasinya dengan menambahkan menu Quiz, sehingga kita dapat membuat Quiz tanpa harus menggunakan Add On Flubaroo, semakin mantap layanan Google Forms ini. Dimanakah menu tersebut? Yuk kita coba membuat Quiz dengan menggunakan Google Forms.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat pertanyaan dengan opsi Pilihan Ganda atau Kontak Centang, buatlah soal sesuai dengan kebutuhan.
Langkah kedua jika semua soal sudah dibuat kita klik menu Setelah atau Setting seperti pada gambar dibawah ini:

Akan tampil jendela Setelan / Setting, pilih menu KUIS-KUIS dan klik tombol Jadikan ini sebagai kuis dan klik SIMPAN, seperti pada gambar dibawah ini:

Setelah kita klik SIMPAN, kita akan kembali ke Forms Soal yang telah kita buat, ada perbedaan yaitu ada menu KUNCI JAWABAN dibawah setiap soal yang telah kita buat, disinilah kita mengatur kunci jawaban untuk setiap soal.

Pilihlah jawaban yang benar dengan mengklik menu KUNCI JAWABAN dan klik opsi yang benar pada setiap soal, serta berikan nilai Skornya, seperti pada gambar dibawah ini:

Ulangi pada setiap soal untuk memberikan Kunci Jawabannya, setelah semua sudah dilakukan, saatnya kita uji coba Quiz di Google Forms. Hasilya seperti Forms dibawah ini:














(Humas MAN 9 Jakarta), Guru TIK MAN 9 Jakarta bapak Catur Yoga Meiningdias sebagai Leader GEG East Jakarta menghadiri kegiatan Google Educators Group (GEG) TOP Leaders Asia Pasific yang bertempat di Kantor Google Singapura pada tanggal 2-4 Juni 2016. Peserta adalah GEG Leaders yang berjumlah 50 Guru dari berbagai negara di Asia Pasific, yaitu: Australia, Bangladesh, Indonesia, Japan, Malaysia, New Zealand, Philipina, Singapura, Korea Utara, dan Thailand.
Kegiatan ini disubsidi oleh Google untuk biaya perjalanan dan penginapan untuk 10 TOP GEG Leaders. Hal yang luar biasa pada kegiatan ini ada dua Madrasah yang masuk ke dalam 10 TOP GEG Leaders Asia Pasifik, yaitu guru TIK MAN 9 Jakarta (Catur Yoga Meiningdias) dan guru Keterampilan MAN 1 Garut Jawa Barat (Sukanda). Terbukti bahwa Madrasah tak tertinggal dengan Sekolah Umum lainnya dalam hal bidang Teknologi Pembelajaran, teknologi yang semakin cepat berkembang telah masuk ke dalam dunia pendidikan untuk mempermudah dan mempercepat penyampaian informasi dan komunikasi sebuah pengetahuan. Sebagai guru Pembelajar kita wajib untuk selalu mengupdate kompetensi dalam tuntutan zaman.
Pada sesi show talk beberapa GEG Leaders memberikan paparan presentasi mengenai pengalaman mereka dalam membantu penggunaan Teknologi Pembelajaran kepada guru-guru di negara mereka, dari berbagai tantangan dan dukungan. GEG Johor Leader dari Malaysia mempresentasikan bahwa keberhasilan mereka membawa teknologi di dalam kelas-kelas Sekolah di Malaysia berkat dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kepala-kepala Sekolah, sistem mereka adalah Top to Bottom, sangat berbeda sekali dengan GEG West Jakarta Leader dalam presentasinya, GEG di Indonesia menggunakan Bottom to Top, kegiatan diselenggarakan berdasarkan minat dari individual guru-guru tersebut, dalam komunitas mereka saling berbagi pengalaman/pengetahuan, belajar bersama, dan memperkuat satu sama lainnya.
Banyak pengalaman, pengetahuan dan teman baru dalam kegiatan GEG TOP Leaders Asia Pasifik ini, guru-guru pembelajar dikumpulkan untuk belajar bersama, saling berbagi, dan memperkuat satu sama lainnya. Terima kasih Google, sehingga kami di Madrasah termotivasi untuk ikut berkolaborasi dalam pembelajaran Abad 21.
Red: CYM

Jakarta, 22 Mei 2016. Komunitas GEG East Jakarta yang dipimpin oleh bapak Catur Yoga Meiningdias guru MAN 9 Jakarta membuat gebrakan baru lagi, dengan mengadakan kegiatan Pelatihan 100 Web Blog Guru Madrasah secara online di http://learning.madrasah.id. Untuk guru-guru Madrasah yang berminat dapat mendaftar di alamat link: http://gegej.madrasah.id, kuota pelatihan dibatasi hanya 250 peserta, kegiatan ini gratis dan mendapatkan sertifikat pelatihan.
Kegiatan ini di dukung oleh MGMP TIK MTS/MA DKI Jakarta, GEG East Jakarta dan AGTIFINDO  yang nantinya pelatihan ini dilanjutkan dengan kegiatan seminar dan akan mengumumkan peserta terbaik Pelatihan 100 Web Blog Guru Madrasah.
Tujuan pelatihan ini melatih guru-guru Madrasah untuk mengembangkan kompetensinya dalam kegiatan literasi, yaitu Literasi Digital. Dengan memiliki Web Blog dengan identitas Madrasah (user.madrasah.id) guru dapat menulis dan menuangkan ide-ide pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh guru lain maupun peserta didik. Mari bergabung bersama kami dalam kegiatan Literasi Digital dengan membuat media pelajaran online berbasis Online Web Blog Guru.
Red: CYM

Seorang pendidik harus dapat membuat sebuah presentasi yang menarik di dalam kelas dengan menggunakan beberapa media atau aplikasi, seperti Microsoft PowerPoint, Google Sheets, Macromedia Flash, Microsoft Sway dan aplikasi lainnya. 

Dibutuhkan sebuah alat teknologi untuk menampilkan presentasi di kelas, yaitu Proyektor. Dengan menggunakan Proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan ke layar, sehingga informasi berupa tulisan, gambar, audio video, bagan dan lain-lain akan menjadi lebih menarik dilihat oleh siswa. Penggunaan proyektor ini lebih menguntungkan, karena indera pendengaran dan penglihatan akan sama-sama diaktifkan melalui sebuah media pembelajaran yang telah disiapkan.

Dalam menampilkan presentasi ke layar yang dilakukan adalah dengan menghubungkan Proyektor dengan Notebook/Laptop melalui kabel VGA. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kabel VGA dapat diganti dengan menggunakan HDMI Dongle Wireless, kenapa harus Wireless? 

Banyak kendala ketika kita menggunakan Kabel VGA, yaitu: 1) Sering terjadi kerusakan Kabel VGA LCD, terutama yang sering dipakai banyak orang seperti di ruang kelas, sehingga harus mengganti kabel VGA. 2) Repot harus memindah colokan kabel VGA LCD 3) Harus membawa laptop mendekati Proyektor terutama pada saat mengajar agar bisa menyajikan presentasinya di layar. 4) Diperlukan kabel VGA yang panjang jika LCD proyektor terpasang permanen menggantung diplafon. 5) Tidak bisa menggunakan Tablet dan Smartphone untuk presentasi ke LCD dengan koneksi kabel VGA.

Dra. Yessy Anwar Kepala MAN 9 Jakarta dengan cepat tanggap atas permasalahan/kendala yang dihadapi pendidik-pendidik MAN 9 Jakarta dalam hal penggunaan Projector di dalam kelas, untuk berlangsungnya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), beliau langsung membelikan Projector dengan menggunakan alat tambah DMI Dongle Wireless untuk mempermudah penggunaan Projector di dalam kelas.

Wow, luar biasa. Kegiatan belajar mengajar di kelas lebih terlihat aktif, dimana sang Pendidik dapat menggunakan Smartphonenya untuk melakukan presentasi, dan bergantian ke Smartphone peserta didik untuk menampilkan tugas yang telah diberikan oleh pendidik. Kini tanpa kabel, menjadi lebih efisien dan efektif untuk menampilkan presentasi ke layar. Pendidik dan peserta didik tidak terpaku disatu tempat untuk menampilkan presentasi di layar tapi hanya dengan menyambungkan koneksi Wifi dan memasukan password, presentasi langsung dapat ditampilkan. 

Jakarta, 26 April 2016. Untuk meningkatkan pelayanan yang akuntabel, efektif, dan transparan MAN 3 Jakarta mengadakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kehumasan dan Pelatihan Website Madrasah. Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi saat ini yang semakin canggih dan terjangkau masyarakat; Informasi atau berita tentang MAN 3 Jakarta yang manual konvensional dapat lebih dimutakhirkan prosesnya menjadi online dan dalam waktu nyata (online real time). Webiste terbukti mampu mewujudkan pelayanan yang prima (lebih cepat, mudah, transparan, akuntabel, efektif dan efisien) kepada masyarakat. Kegiatan ini dibuka oleh Kasubag Inhum H. Zulkarnain, S.Ag, M.Hum dengan memberikan sosialisasi kebijakan kehumasan di Lingkungan Kanwil Prov. DKI Jakarta.  

Dalam kesempatan ini Wakil Humas MAN 3 Jakarta melantik PIC Webiste MAN 3 Jakarta dan memberikan pelatihan kepada PIC Webiste untuk memiliki kemampuan menulis artikel, memasukan materi pelajaran, berita maupun informasi yang dibutuhkan oleh pendidik, peserta didik, dan masyarakat pada umumnya, sehingga terciptanya pelayanan yang akuntabel, efektif, dan transparan melalui Website MAN 3 Jakarta. Pemimpin Google Educators Group (GEG) East Jakarta (Guru TIK MAN 9 Jakarta), bapak Catur Yoga Meiningdias diberi kesempatan dan kepercayaan untuk menjadi Narasumber untuk pelatihan Website MAN 3 Jakarta. Kegiatan ini dimulai dari pukul 10.00 sampai dengan 14.30 WIB dengan target PIC Webiste memiliki kompetensi membuat sebuah artikel dengan memasukan tulisan, gambar dan video. 

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget