Latest Post


Untuk seluruh siswa kelas XI MAN 9 Jakarta, untuk menghadapi Ujian Tengah Semester TIK, kalian dapat mencoba soal-soal dibawah ini, jika kalian mendapatkan nilai diatas KKM=72 berarti kalian sudah siap menghadapi UTS TIK SM 1 ini, soal UTS tidak terlalu berbeda dengan soal dibawah ini, soal UTS berjumlah 45 soal sedangkan latihan soal ini hanya 15 soal, tetapi jika kalian mampu menjawab dengan baik soal dibawah ini, kalian akan mampu memilki nilai terbaik saat UTS nanti.
Latihan Ujian Tengah Semester TIK Kelas XI SM 1 2011-2012
Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat kirim pertanyaan ke email saya@caturyogam.info atau yoga@man9-jkt.sch.id dan ini bukan tugas serta tidak dinilai. Penilaian hanya berlaku di Elearning MAN 9 Jakarta.
Selamat belajar.

Mojok dengan pacar setia saya (Notebook Acer 2930) yang sudah pada copot tombol keyboardnya, dengan ditemani segelas kopi susu, tiba-tiba anak datang dan pencet-pencet tombol keyboard, berharap gak ada tombol yang dicongkel lagi. Loh kok muncul Microsoft OneNote, diperhatikan, diamati terus dicari informasi melalui Kang Google. Mantap nih aplikasi, bisa membantu saya dalam membuat catatan mengajar dan catatan ketika kuliah menjadi terstruktur, rapih dan mudah dicari. Terima kasih anak ku yang cantik, akhirnya ayah bisa menyimpan catatan dengan rapih secara elektronik menggunakan aplikasi MS OneNote.

Sebenarnya apa dan buat apa MS OneNote? 
Microsoft Office OneNote 2007 adalah sebuah Software untuk menulis catatan-catatan kecil, atau materi-materi kuliah, jadwal kegiatan, planning kegiatan kita, untuk mencatat ide yang datang secara tica-tiba, bahkan dapat digunakan seperti Diary atau catatan sehari-hari kita.
Software ini seperti halnya buku catatan elektronik atau Binder atau Notebook atau Loose Leaf yang biasa kita gunakan saat masa-masa sekolah. Semua catatan yang kita tulis dapat di organisir dan dimanajemen oleh software ini sehingga kita tidak lagi kesulitan mencari dimana tulisan-tulisan penting.

Download E-Book Microsoft OneNote
Download Software Microsoft OneNote


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) TIK Berkarakter Kelas XI Semester 1 2011-2012 MAN 9 Jakarta dilaksanakan sebanyak 16 x pertemuan tatap muka. Sebagai acuan peserta didik tentang materi apa saja yang akan diajarkan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan dapat didownload atau dilihat  dibawah ini : 

  1. RPP Pertemuan 1
  2. RPP Pertemuan 2
  3. RPP Pertemuan 3
  4. RPP Pertemuan 4
  5. RPP Pertemuan 5
  6. RPP Pertemuan 6
  7. RPP Pertemuan 7
  8. RPP Pertemuan 8
  9. RPP Pertemuan 9
  10. RPP Pertemuan 10
  11. RPP Pertemuan 11
  12. RPP Pertemuan 12
  13. RPP Pertemuan 13
  14. RPP Pertemuan 14
  15. RPP Pertemuan 15
  16. RPP Pertemuan 16

Memasuki tahun pelajaran baru ini, banyak Sekolah atau Madrasah yang melengkapi fasilitas pendukung penyampaian materi atau transfer pengetahuan, sebagai contoh di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jakarta tahun pelajaran ini untuk setiap kelas X dilengkapi dengan LED Proyektor dan Signal Wifi (Hotspot) telah terhubung disetiap kelas. MAN 9 Jakarta mempunyai target pada tahun pelajaran 2012-2013 nanti semua kelas akan terpasang LED Proyektor dan terpasang AC untuk kenyamanan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
Dengan menggunakan LED Proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan ke layar, sehingga informasi berupa tulisan, gambar, audio video, bagan dan lain-lain akan menjadi lebih menarik dilihat oleh siswa. Penggunaan proyektor ini lebih menguntungkan, karena idera pendengaran dan penglihatan akan sama-sama diaktifkan melalui sebuah media pembelajaran yang telah disiapkan.
Istilah “media pembelajaran merupakan suatu istilah yang berasal dari kata media dan pembelajaran. Kata media merupakan bentuk jamak medium yang dalam bahasa Indonesia berarti alat” (Latuheru, 1988: 9), kemudian istilah “media digunakan sebagai suatu nama bagi semua bentuk dan saluran yang digunakan dalam proses penyampaian informasi atau pengantar informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dengan penerima pesan” (AECT, 1977: 201).
Menurut Ibrahim, dkk (2000: 4) media pembelajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan pebelajar dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai pembelajar tertentu.
Tantangan bagi guru adalah bagaimana memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh pihak sekolah, dengan adanya fasilitas LED Proyektor dan Jaringan Hotspot di setiap kelas, guru harus mengembangkan dan mendistribusikan bahan pembelajaran (Media Pembelajaran) dengan lebih interaktif dan persuasif.
Beberapa aplikasi atau software pendidikan yang dapat membantu guru dalam mengembangkan media pembelajaran, yaitu :
  1. Lecture Maker (http://www.lecturemaker.com/) : Aplikasi Lecture Maker merupakan aplikasi pembuat media presentasi, sama halnya dengan aplikasi powerpoint. Aplikasi ini menyediakan fasilitas dalam membuat presentasi dengan singkat. Salah satu kelebihan aplikasi ini bisa dijadikan sebagai bentuk aplikasi untuk cd interaktif, menyedia fasilitas soal seperti multiple choice dan essey.
  2. ISpring ( http://www.ispringsolutions.com/ ) : iSpring Free adalah software yang dapat digunakan untuk merubah file Powerpoint ke dalam bentuk Flash Movie. iSpring membuat soalah-olah persentasi yang kita buat,dibuat menggunakan flash.
  3. CrossWord ( http://www.solrobots.com/ ) : Dengan software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif.
  4. EclipseCrossword (http://www.eclipsecrossword.com/ ) : software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif (gratis tidak perlu crack/keygen).
  5. CROCODILE PHYSICS 6.0.5 ( http://www.crocodile-clips.com ) : Software simulasi fisika yang sangat menarik. Banyak sekali jenis simulasi pada software ini. Mulai dari mekanika, gelombang, optik, sampai elektronika. Banyak contoh-contoh percobaan yang sangat fundamental dalam konsep fisika.
  6. Crocodile Mathematics v4.01 ( http://www.crocodile-clips.com ) : Crocodile Mathematics merupakan software yang asik buat belajar dan membuat modelling geometry dan numeracy.
  7. Crocodile Chemistry ( http://www.crocodile-clips.com ) : Software simulasi pelajaran Kimia.
  8. WonderShare Quiz Creator ( http://www.sameshow.com ) : Software membuat kuis yang menarik, interaktif dan praktis.
  9. Cisco Packet Tracer ( http://www.packettracer.info ) : Cisco Packet Tracer merupakan aplikasi yang digunakan untuk mensimulasikan jaringan komputer.
  10. Phet ( http://phet.colorado.edu/ ) : software simulasi interaktif yang berbasis research dan berlisensi gratis (free software).
  11. Kvisoft FlipBook Maker  Membuat buku berbentuk file digital. Pembacanya dapat membuka lembar demi lembar halaman FlipBook sebagaimana layaknya membaca sebuah buku atau majalah.
  12. Lectora Inspire  adalah aplikasi untuk membuat presentasi sejenis Power Point yang sudah dikenal luas akan tetapi mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap. Salah satu kelebihannya adalah kita bisa membuat bahan ajar sekaligus kuis terpadu.
  13. Wirecast adalah suatu software yang memungkinkan semua orang untuk dengan mudah menyiarkan acara live dan membuat webcast profesional dari lokasi manapun.
  14. dll
Bahan ajar yang telah dibuat menggunakan aplikasi diatas kegiatan belajar mengajar dikelas dengan menggunakan proyektor menjadi interaktif dan tidak membosankan, dan dapat dengan mudah didistribusikan ke siswa melalui media storage Flashdisk, dikirim via milis MAN 9 Jakarta, diupload di elearning MAN 9 Jakarta maupun di web blog MAN 9 Jakarta, sehingga siswa dapat dengan mudah mengulangi materi pelajaran dimanapun mereka berada dengan menggunakan alat bantu komputer maupun handphone yang terkoneksi dengan internet.
Catur Yoga M Guru TIK MAN 9 Jakarta
1


Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Indonesia saat ini merupakan suatu upaya inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pada hakikatnya, SKS merupakan perwujudan dari amanat Pasal 12 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal tersebut mengamanatkan bahwa “Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak, antara lain: (b) mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya; dan (f) menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang ditetapkan.
Amanat dari pasal tersebut selanjutnya dijabarkan lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Sebagaimana diketahui bahwa Standar Isi merupakan salah satu standar dari delapan Standar Nasional Pendidikan.




Buku ini memberikan informasi tentang kegiatan pengembangan profesi guru, berdasarkan Permennegpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009, yang disebut Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Informasi dimaksud terdiri atas tiga bagian, yaitu sebagai berikut:

I. Penjelasan Umum Kegiatan PKB
Apa yang dimaksud dengan kegiatan PKB, apa saja macamnya, apa perbedaan dengan peraturan yang lama, serta berbagai informasi umum tentang PKB, disajikan pada bagian ini.

II. Definisi, Kerangka Isi, Serta Bukti Fisik dan Besaran Angka Kredit Setiap Macam Kegiatan

Terdapat 3 (tiga) kelompok kegaitan PKB: (1) Pengembangan Diri, (2) Publikasi Ilmiah dan (3) Karya Inovatif. Bagian ini menjelaskan secara rinci tentang definisi, kerangka isi, dan bukti fisik dari setiap macam kegiatan PKB untu tiga kelompok kegiatan PKB tersebut.

III. Persyaratan Kegiatan PKB
Bagian terakhir buku ini, menjelaskan tentang persyaratan dalam rangka penilaian laporan kegaitaan PKB yang disajikan dalam bentuk karya tulis. Dalam menilai laporan tersebut, dipakai kriteria APIK, yaitu harus Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten.

Semoga buku ini memberikan manfaat, khususnya bagi guru dalam melakukan kegiatan PKB.


Keberhasilan kegiat an peningkatan mutu di sekolah tergantung pada kemampuan mereka yang berkait erat dengan kegiatan belajar-mengajar serta pengelola sekolah, yakni kepala sekolah,  guru, komite sekolah, dan tokoh masyarakat, serta pejabat yang terkait dengan bidang pendidikan. Guna menjembatani kesenjangan tersebut maka pemahaman dan pengertian para praktisi tentang belajar aktif perlu  lebih diperdalam dan persepsi mereka juga perlu disamakan melalui pelatihan.  

Pelatihan merupakan salah satu usaha pengembangan kapasitas yang telah lama dikenal dan dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu  belajar-mengajar. Pelatihan juga merupakan salah satu forum untuk mengenalkan sesuatu pendek atan yang baru, baik itu pendekatan belajar-mengajar  maupun pengelolaan sekolah.
Di samping bahan pelatihan yang harus disiapkan secara  baik, yang tidak kalah pentingnya daripada pelatihan itu sendiri ialah program atau kegi atan pendampingan yang harus senantiasa ditindaklanjuti setelah pelatihan selesai. Bahan pelatihan ini disiapkan untuk prakti k-praktik yang baik dalam pendekatan belajar aktif. Di mana unit-unit yang di kembangkan tersebut merupakan praktik yang baik yang diidentifikasi dari unsur-unsur belajar aktif. Pelatihan  unsur belajar aktif tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan professional tenaga kependidikan.

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget