Latest Post


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) TIK Berkarakter Kelas XI Semester 1 2011-2012 MAN 9 Jakarta dilaksanakan sebanyak 16 x pertemuan tatap muka. Sebagai acuan peserta didik tentang materi apa saja yang akan diajarkan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan dapat didownload atau dilihat  dibawah ini : 

  1. RPP Pertemuan 1
  2. RPP Pertemuan 2
  3. RPP Pertemuan 3
  4. RPP Pertemuan 4
  5. RPP Pertemuan 5
  6. RPP Pertemuan 6
  7. RPP Pertemuan 7
  8. RPP Pertemuan 8
  9. RPP Pertemuan 9
  10. RPP Pertemuan 10
  11. RPP Pertemuan 11
  12. RPP Pertemuan 12
  13. RPP Pertemuan 13
  14. RPP Pertemuan 14
  15. RPP Pertemuan 15
  16. RPP Pertemuan 16

Memasuki tahun pelajaran baru ini, banyak Sekolah atau Madrasah yang melengkapi fasilitas pendukung penyampaian materi atau transfer pengetahuan, sebagai contoh di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jakarta tahun pelajaran ini untuk setiap kelas X dilengkapi dengan LED Proyektor dan Signal Wifi (Hotspot) telah terhubung disetiap kelas. MAN 9 Jakarta mempunyai target pada tahun pelajaran 2012-2013 nanti semua kelas akan terpasang LED Proyektor dan terpasang AC untuk kenyamanan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
Dengan menggunakan LED Proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan ke layar, sehingga informasi berupa tulisan, gambar, audio video, bagan dan lain-lain akan menjadi lebih menarik dilihat oleh siswa. Penggunaan proyektor ini lebih menguntungkan, karena idera pendengaran dan penglihatan akan sama-sama diaktifkan melalui sebuah media pembelajaran yang telah disiapkan.
Istilah “media pembelajaran merupakan suatu istilah yang berasal dari kata media dan pembelajaran. Kata media merupakan bentuk jamak medium yang dalam bahasa Indonesia berarti alat” (Latuheru, 1988: 9), kemudian istilah “media digunakan sebagai suatu nama bagi semua bentuk dan saluran yang digunakan dalam proses penyampaian informasi atau pengantar informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dengan penerima pesan” (AECT, 1977: 201).
Menurut Ibrahim, dkk (2000: 4) media pembelajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan pebelajar dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai pembelajar tertentu.
Tantangan bagi guru adalah bagaimana memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh pihak sekolah, dengan adanya fasilitas LED Proyektor dan Jaringan Hotspot di setiap kelas, guru harus mengembangkan dan mendistribusikan bahan pembelajaran (Media Pembelajaran) dengan lebih interaktif dan persuasif.
Beberapa aplikasi atau software pendidikan yang dapat membantu guru dalam mengembangkan media pembelajaran, yaitu :
  1. Lecture Maker (http://www.lecturemaker.com/) : Aplikasi Lecture Maker merupakan aplikasi pembuat media presentasi, sama halnya dengan aplikasi powerpoint. Aplikasi ini menyediakan fasilitas dalam membuat presentasi dengan singkat. Salah satu kelebihan aplikasi ini bisa dijadikan sebagai bentuk aplikasi untuk cd interaktif, menyedia fasilitas soal seperti multiple choice dan essey.
  2. ISpring ( http://www.ispringsolutions.com/ ) : iSpring Free adalah software yang dapat digunakan untuk merubah file Powerpoint ke dalam bentuk Flash Movie. iSpring membuat soalah-olah persentasi yang kita buat,dibuat menggunakan flash.
  3. CrossWord ( http://www.solrobots.com/ ) : Dengan software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif.
  4. EclipseCrossword (http://www.eclipsecrossword.com/ ) : software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif (gratis tidak perlu crack/keygen).
  5. CROCODILE PHYSICS 6.0.5 ( http://www.crocodile-clips.com ) : Software simulasi fisika yang sangat menarik. Banyak sekali jenis simulasi pada software ini. Mulai dari mekanika, gelombang, optik, sampai elektronika. Banyak contoh-contoh percobaan yang sangat fundamental dalam konsep fisika.
  6. Crocodile Mathematics v4.01 ( http://www.crocodile-clips.com ) : Crocodile Mathematics merupakan software yang asik buat belajar dan membuat modelling geometry dan numeracy.
  7. Crocodile Chemistry ( http://www.crocodile-clips.com ) : Software simulasi pelajaran Kimia.
  8. WonderShare Quiz Creator ( http://www.sameshow.com ) : Software membuat kuis yang menarik, interaktif dan praktis.
  9. Cisco Packet Tracer ( http://www.packettracer.info ) : Cisco Packet Tracer merupakan aplikasi yang digunakan untuk mensimulasikan jaringan komputer.
  10. Phet ( http://phet.colorado.edu/ ) : software simulasi interaktif yang berbasis research dan berlisensi gratis (free software).
  11. Kvisoft FlipBook Maker  Membuat buku berbentuk file digital. Pembacanya dapat membuka lembar demi lembar halaman FlipBook sebagaimana layaknya membaca sebuah buku atau majalah.
  12. Lectora Inspire  adalah aplikasi untuk membuat presentasi sejenis Power Point yang sudah dikenal luas akan tetapi mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap. Salah satu kelebihannya adalah kita bisa membuat bahan ajar sekaligus kuis terpadu.
  13. Wirecast adalah suatu software yang memungkinkan semua orang untuk dengan mudah menyiarkan acara live dan membuat webcast profesional dari lokasi manapun.
  14. dll
Bahan ajar yang telah dibuat menggunakan aplikasi diatas kegiatan belajar mengajar dikelas dengan menggunakan proyektor menjadi interaktif dan tidak membosankan, dan dapat dengan mudah didistribusikan ke siswa melalui media storage Flashdisk, dikirim via milis MAN 9 Jakarta, diupload di elearning MAN 9 Jakarta maupun di web blog MAN 9 Jakarta, sehingga siswa dapat dengan mudah mengulangi materi pelajaran dimanapun mereka berada dengan menggunakan alat bantu komputer maupun handphone yang terkoneksi dengan internet.
Catur Yoga M Guru TIK MAN 9 Jakarta
1


Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Indonesia saat ini merupakan suatu upaya inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pada hakikatnya, SKS merupakan perwujudan dari amanat Pasal 12 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal tersebut mengamanatkan bahwa “Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak, antara lain: (b) mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya; dan (f) menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang ditetapkan.
Amanat dari pasal tersebut selanjutnya dijabarkan lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Sebagaimana diketahui bahwa Standar Isi merupakan salah satu standar dari delapan Standar Nasional Pendidikan.




Buku ini memberikan informasi tentang kegiatan pengembangan profesi guru, berdasarkan Permennegpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009, yang disebut Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Informasi dimaksud terdiri atas tiga bagian, yaitu sebagai berikut:

I. Penjelasan Umum Kegiatan PKB
Apa yang dimaksud dengan kegiatan PKB, apa saja macamnya, apa perbedaan dengan peraturan yang lama, serta berbagai informasi umum tentang PKB, disajikan pada bagian ini.

II. Definisi, Kerangka Isi, Serta Bukti Fisik dan Besaran Angka Kredit Setiap Macam Kegiatan

Terdapat 3 (tiga) kelompok kegaitan PKB: (1) Pengembangan Diri, (2) Publikasi Ilmiah dan (3) Karya Inovatif. Bagian ini menjelaskan secara rinci tentang definisi, kerangka isi, dan bukti fisik dari setiap macam kegiatan PKB untu tiga kelompok kegiatan PKB tersebut.

III. Persyaratan Kegiatan PKB
Bagian terakhir buku ini, menjelaskan tentang persyaratan dalam rangka penilaian laporan kegaitaan PKB yang disajikan dalam bentuk karya tulis. Dalam menilai laporan tersebut, dipakai kriteria APIK, yaitu harus Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten.

Semoga buku ini memberikan manfaat, khususnya bagi guru dalam melakukan kegiatan PKB.


Keberhasilan kegiat an peningkatan mutu di sekolah tergantung pada kemampuan mereka yang berkait erat dengan kegiatan belajar-mengajar serta pengelola sekolah, yakni kepala sekolah,  guru, komite sekolah, dan tokoh masyarakat, serta pejabat yang terkait dengan bidang pendidikan. Guna menjembatani kesenjangan tersebut maka pemahaman dan pengertian para praktisi tentang belajar aktif perlu  lebih diperdalam dan persepsi mereka juga perlu disamakan melalui pelatihan.  

Pelatihan merupakan salah satu usaha pengembangan kapasitas yang telah lama dikenal dan dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu  belajar-mengajar. Pelatihan juga merupakan salah satu forum untuk mengenalkan sesuatu pendek atan yang baru, baik itu pendekatan belajar-mengajar  maupun pengelolaan sekolah.
Di samping bahan pelatihan yang harus disiapkan secara  baik, yang tidak kalah pentingnya daripada pelatihan itu sendiri ialah program atau kegi atan pendampingan yang harus senantiasa ditindaklanjuti setelah pelatihan selesai. Bahan pelatihan ini disiapkan untuk prakti k-praktik yang baik dalam pendekatan belajar aktif. Di mana unit-unit yang di kembangkan tersebut merupakan praktik yang baik yang diidentifikasi dari unsur-unsur belajar aktif. Pelatihan  unsur belajar aktif tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan professional tenaga kependidikan.


Mencontek dapat diartikan sebagai perbuatan untuk mencapai suatu keberhasilan dengan jalan yang tidak lazim (baca = tidak sah). Berbuat curang dalam ujian merupakan fenomena nyata yang sering dijumpai di sekolah. Sebagian dari mereka beralasan ingin mendapatkan nilai yang baik sampai dengan ingin memberikan kebahagiaan dan kebanggan orang tua. Namun sayang, niat yang baik tersebut tidak dibarengi usaha belajar malah justru melakukan berbagai kecurangan. Bagaimanakah Islam dalam memandang hal yang seperti ini?
Apakah masih pantas bagi seorang yang menisbatkan dirinya pada agama yang mulia ini, melakukan hal-hal kotor semacam itu? -naudzubillah-Syaikhunna Ibnu Baz telah menjawab beberapa pertanyaan mengenai hal yang berkaitan dengan “kegiatan mencontek”, simak tulisan berikut ini :

Pertanyaan 1 :

Apakah hukum berbuat curang (menyontek) ketika ujian? Saya lihat, banyak mahasiswa yang melakukan kecurangan lalu saya menasehati mereka, tapi malah mengatakan, “Ini tidak apa-apa.”

Jawaban: Curang dalam ujian, ibadah atau muamalah hukumnya haram, berdasarkan sabda nabi -sholallaahu alaihi wasalam-, “Barangsiapa mencurangi kami maka bukan dari golongan kami.” (HR. Muslim, kitab al-Imam.) Disamping itu, hal tersebut dapat menimbulkan banyak mudharat baik di dunia maupun di akhirat. Maka seharusnya menghindari perbuatan tersebut dan saling mengingatkan untuk meninggalkannya.


Pertanyaan 2 :

Saya seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi di kota Riyadh, saya perhatikan sebagian mahasiswa melakukan kecurangan dalam ujian, terutama pada sebagiah materi yang di antaranya materi bahasa inggris, ketika saya berdialong dengan mereka mengenai hal ini, mereka mengatakan, “Berbuat curang dalam mata pelajaran bahasa inggris tidak haram, sebagian Syaikh telah memfatwakan demikian.” Saya mohon penjelasan tentang masalah ini dan fatwa tersebut.

Jawaban: Telah disebutkan dalam sebuah hadits dari Rasulullah -sholallaahu alaihi wasallambahwa beliau bersabda, Barangsiapa yang mencurangi kami maka bukan dari golongan kami.” (HR. Muslim, kitab al-Imam) Ini mencakup semua bentuk kecurangan dalam muamalah dan ujian, mencakup pula materi bahasa inggris dan lainnya. Maka para mahasiswa dan mahasiswi tidak boleh berbuat curang dalam semua materi karena keumuman hadits tersebut. Hanya Allah lah sumber petunjuk.

Jadi pertanyaan besarnya adalah apakah setelah membaca artikel ini masihkah kita melakukan perbuatan menyontek? Ketahuilah bahwa perbuatan menyontek adalah kecurangan, penipuan, bahkan merupakan dua kedustaan. Dan semuanya mengetahui bahwa dusta adalah dosa besar ketiga setelah kesyirikan dan durhaka kepada kedua orang tua, sebagaimana dalam hadits Abu Bakrah riwayat Al-Bukhary (3/25) dan (8/4) dan Muslim (Kitabul Iman: 143, 144).

Sumber :

http://el-chusainy.blogspot.com

Al-Fatwa, Kitab Ad-Da’wah, hal 157, 158 Syaikh Ibnu Baz.
Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 1, hal. 573


Setelah lulus SMA/MA atau Perguruan Tinggi rasa bahagia tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, langkah selanjutnya untuk masa depan adalah mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan jurusan apa yang kita pelajari di sekolah/Perguruan Tinggi.
Ijasah, Transkrip nilai dan pas photo sudah siap untuk di scan sebagai administrasi yang dibutuhkan ketika kita ingin melamar pekerjaan melalui e-mail ataupun melalui situs lowongan pekerjaan yang terpercaya. Jaman sekarang sudah sangat jarang calon-calon pekerja mengirim lamaran via pos, dikarena cost yang dikeluarkan lebih mahal dibandingkan dengan mengirim lamaran via email
dan melalui situs online lowongan pekerjaan. Dengan mengirim lamaran via online kita hanya klik mana pekerjaan yang sesuai sebanyak-banyaknya tanpa memerlukan biaya pembelian prangko. Murah bukan … hayooo yang baru lulus segera cari info lowongan pekerjaan dibeberapa situs lowongan pekerjaan dibawah ini :
  1. id.jobstreet.com
  2. id.jobsdb.com
  3. karir.com
  4. jobindo.com
  5. monster.co.id
  6. datakarir.com
  7. jakjobs.com
  8. ggkarir.com
  9. petromindo.com
  10. spotindo.com
Selamat mencari pekerjaan, semoga sukses selalu dalam membahagiakan orang tua yang telah merawat kita dari kecil hingga sampai menjadi orang yang berguna saat ini.

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget