Latest Post


Setelah lulus SMA/MA atau Perguruan Tinggi rasa bahagia tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, langkah selanjutnya untuk masa depan adalah mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan jurusan apa yang kita pelajari di sekolah/Perguruan Tinggi.
Ijasah, Transkrip nilai dan pas photo sudah siap untuk di scan sebagai administrasi yang dibutuhkan ketika kita ingin melamar pekerjaan melalui e-mail ataupun melalui situs lowongan pekerjaan yang terpercaya. Jaman sekarang sudah sangat jarang calon-calon pekerja mengirim lamaran via pos, dikarena cost yang dikeluarkan lebih mahal dibandingkan dengan mengirim lamaran via email
dan melalui situs online lowongan pekerjaan. Dengan mengirim lamaran via online kita hanya klik mana pekerjaan yang sesuai sebanyak-banyaknya tanpa memerlukan biaya pembelian prangko. Murah bukan … hayooo yang baru lulus segera cari info lowongan pekerjaan dibeberapa situs lowongan pekerjaan dibawah ini :
  1. id.jobstreet.com
  2. id.jobsdb.com
  3. karir.com
  4. jobindo.com
  5. monster.co.id
  6. datakarir.com
  7. jakjobs.com
  8. ggkarir.com
  9. petromindo.com
  10. spotindo.com
Selamat mencari pekerjaan, semoga sukses selalu dalam membahagiakan orang tua yang telah merawat kita dari kecil hingga sampai menjadi orang yang berguna saat ini.

Seringkali kita sulit menemukan atau mencari file yang telah dikerjakan atau kita menemui kesulitan dalam mengelola banyak file dalam banyak folder. Berikut adalah tips untuk mengelola File dan Folder :
  1. Gunakanlah My Documents sebagai media penyimpan data.
  2. Gunakan penamaan file dan folder yang konsisten, Apabila memungkinkan, gunakan nama yang umum dan gunakan singkatan apabila penamaan terlalu panjang.
  3. Gunakan penamaan file dan folder yang singkat dan mudah apabila dilakukan proses pencarian.
  4. Pisahkan antara file - file dan folder PROSES dan ARSIP, Maksudnya adalah file - file dan folder dalam My Documents hanya berisi file folder pekerjaan yang anda sedang lakukan atau file - file yang sering anda akses.
  5. Jika memungkinkan, pisahkanlah folder berdasarkan tipe file yang ada di dalamnya, misalnya folder gambar, hanya berisi gambar-gambar. Hal ini akan mempercepat proses pencarian.Jangan membuat hirarki folder terlalu dalam.
  6. Windows Explorer dapat dipergunakan untuk melihat folder dan file, serta menyediakan fasilitas untuk memenejemen file. Di dalam menggunakan Windows Explorer kita dapat melakukan penyalinan, penghapusan, pemindahan, pengubahan nama dan pencetakan file.
  7. Fasilitas Windows Explorer ini terdapat pada versi Windows 95 ke atas, sedang pada versi sebelumnya ditampilkan dalam format File Manager.

Pengertian Windows Explorer
Windows Explorer adalah salah satu program yang dimiliki oleh oleh Microsoft Windows. Dengan Windows Explorer kita dapat melakukan seluruh kegiatan dalam menangani file dan folder sehingga kita dapat mengorganisasikan file dan folder dengan mudah.
Windows Explorer terbagi dalam dua jendela atau pane, yaitu :
Jendela kiri (pane folder), berisi folder dan drive di komputer
Jendela kanan (pane file), untuk menampilkan isi folder yang sedang dipilih
Langkah Mengaktifkan Windows Explorer
Di dalam mengaktifkan windows explorer ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu :
Cara 1: Tempatkan mouse pada tombol start yang ada pada taksbar, kemudian klik kanan dan pilih explorer
Cara 2: Klik Start yang ada pada taksbar, kemudian klik Program, klik Windows Explorer
Cara 3: Tunjuk icon My Computer, kemudian klik kanan dan pilih explorer

Materi Praktikum Manajemen File dapat di download di sini


Tulisan ini merupakan tugas dari mata kuliah desain pembelajaran, sebenarnya. Tidak ada salahnya kalau dibagi disini, bukan begitu. Tugas ini menganalisis chapter 1 dari buku berjudul Mastering Instructional Design Process karya William J. Rothwell. Baiklah kita bahas bab 1: what is instructional design?
Prolog
William J Rothwell menjelaskan hal baru tentang desain pembelajaran. Ia mengatakan bahwa desain pembelajaran bukan hanya sekedar menciptakan pembelajaran, seperti merumuskan tujuan, menentukan topik, menentukan strategi pembelajaran, mengavaluasi hasil belajar dan lain-lain. Tapi secara lebih luas, tujuan utama desain pembelajaran adalah untuk memecahkan masalah kinerja manusi. Gila, bukan? Bukankah selama ini, kita hanya tahu desain pembelajaran seperti pada pandangan pertama di atas? Penekanan pada maslah kinerja ini, memaksa desainer pembelajaran untuk memulai pekerjaannya sejak mulai analisis masalah kinerja, identifikasi akar masalah, mempertimbangkan berbagai kemungkinan solusi dan mengimplementasikan solusi yang dirancang sedemikian rupa untuk mengantisipasi konsekuensi yang tidak diharapkan.Desain Pembelajaran sebagai Profesi

Desain pembelajaran juga merupakan suatu profesi. William J. Rothwell menjelaskan adanya 10 asumsi kunci profesi desain pembelajaran, sebagai beirkut:
  1. Desainer pembelajaran adalah orang-orang yang menunjukkan kemampuan desain dalam pekerjaan terlepas dari jenis pekerjaan dan pelatihan. Artinya, Desainer Pembelajaran harus mampu memecahkan masalah kinerja, untuk jenis pekerjaan apapun ditempat manapun. Maksudnya, seorang desainer pembelajaran walaupun tidak memiliki latar belakang pendidikan dan ekahlian dalam bidang tertentu, dapat melakukan pekerjaan mendesain pembelajaran atau memecahkan masalah kinerja untuk pekerjaan apapun dan di tempat manapun. Contoh, walapun kita sebagao seorang desainer pembelajaran, tidak memiliki keahlian dan latar belakang pendidikan dalam bidang militer, tapi kita dapat merancang pembelajaran di salah satu Angkatan Bersenjata, misalnya.
  2. Kompetensi mendesain pembelajaran berhubungan dengan orang-orang yang bekerja dalam seting pekerjaaan apapun. Artinya, seorang desainer pembelajaran tidak bekerja sendiri, tapi berkolaborasi dengan ahli dalam bidang lain yang terkait.
  3. Desain pembelajaran adalah proses yang secara umum dipandu atau mengacu pada prinsip dan model desain sistematis tertentu. Ada beragam model desain pembelajaran yang dapat dijadikan acuan oleh seorang desainer pembelajaran. Artinnya, seorang desainer pembelajaran harus memahami dan menguasai berbagai prisnip dan model-model desain pembelajaran dan mampu menggunakan model yang relevan sesuai dengan masalah kinerja yang ingin dipecahkan … kita tahu ada model Dick and Carey, model Atwi Suparman, Model Gerlach Elly dan lain-lain. Semuanya memiliki tujuan dan peruntukkannya sendiri-sendiri. Seorang desainer pembelajaran harus mampu kapan dan mengapa menggunakan model Dick and Carey, model Kemp, model Gerlach Elly dll. Tidak mungkin, dan tidak diperkenankan seorang desainer pembelajaran bekerja tanpa mengacu pada model yang relevan dan dkiuasainya.
  4. Desain pembelajaran sering dipandang sebagai upaya menghasilkan transfer pelatihan dan peningkatan kinerja organisasi. Tujuan utama desain pembelajaran adalah peningkatan kinerja organsiasi.
  5. Kompetensi desainer pembelajaran terentang mulai dari novice (amatir), berpengalaman (experienced), dan ahli (expert).
  6. Beberapa desainer pembelajaran, terlepas dari keahliannya mampu menunjukkan semua kompetensi desain pembelajaran. Tidak semua desainer pembelajaran menguasai betul semua kompetensi desain pembelajaran. Desainer pembelajaran tidak harus menguasai semua desain pembelajaran. Cukup ekspert pada beberapa hal yang spesifik. Sama seperti dokter, tidak harus menguasai segala jenis spesialisasi. bukan begitu?
  7. Kompetensi desain pembelajaran bersifat generik, dapat diubah untuk disesuaikan dengan kebutuhan (customization). Jelas, ya ga perlu dibahas lebih jauh.
  8. Kompetensi desain pembelajaran menentukan cara dimana desain/perancangan harus dilakukan. Nah yang ini saya ga negrti persis maskudnya. ada yang bisa bantu?
  9. Kompetensi desain pembelajaran merefleksikan nilai-nilai dan etika disiplin dan sosial. Desainer pembelajaran memiliki nilai dan kode etik. Sama seperti profesi lain, memiliki kode etik dan tata nilai yang harus dipatuhi … dokter, wartawan, pengacara, guru dan lain-lain sama-sama memiliki kode etik dan tata nilai masing-masing. Bahkan ada beberapa asosiasi yang mengeluarkan sertifikasi dan berhak memberikan lisensi atau mencabut profesinya bila melanggar tata nilai dan kode etik yang berlaku, seperti Association of Human Performance, dll.
  10. Kompetensi desain pembelajaran harus bermakna dan berguna bagi desainer pembelajaran di seluruh dunia ini. Kompetensi desainer pembelajaran bersifat universal.
Fokus Desain Pembelajaran
Fokus desain pembelajaran adalah memecahkan masalah kinerja secara efektif dan efisien. Efektif sama dengan apakah kita melakukan sesuatu yang benar? dan efisien sama dengan apakah kita melakukan sesuatu dengan benar.
Landasan Panduan
Apa yang menjadi landasan panduan seorang desainer pembelajara dalam memecahkan masalah kinerja? Dasarnya adalah model konerja manusia. Model kinerja manusia menurut William terdiri dari dua, yaitu model komprehensif (comprehensive model) dan model situasional khusus (situation-specific model). Lengkapnya lihat presentasi saya.
Implementasi Desain Pembelajaran
Desain pembelajaran tidak dilaksanakan secara intuitif, apalagi dikarang-karang. Tapi dilakukan secara sistematis, terurut berdasarkan langkah-langkah tertentu dan holistik alias komprehensif. Dilakukan secara sistemik, bukan pasrial. Bisa saja dilakukan secara linier atau setahap demi setahap, atau bahkan ietratif, dan tidak harus linier Begitu menurut Om Will, termasuk tante Rita Richey juga bilang begitu.
Dasar Desain Pembelajaran
Desain pembelajaran mengadopsi pandangan sistem terbuka. Artinya, proses apapun dipengaruhi oleh lingkungan. Desain pembelajaran merupakan proses iteratif yang dipengaruhi oleh lingkungan. proses Desain pembelajaran menerima input dari lingkungan, mentransformasi kedalam operasi dalam sistem, mengirim output ke lingkungan dan menerima umpan balik yang menunjukkan seberapa baik fungsi berjalan.
Terakhir, Om Will menekankan bahwa tujuan desain pembelajaran adalah untuk memperoleh hasil yang paling cost-effective. Artinya. desainer pembelajaran harus mampu mengestimasi biaya dibandingkan dengan hasil yang ingin dicapai. Cost yang dikeluarkan untuk memcahkan masalah kinerja harus sebanding dengan impact dari solusi yang diimpelementasikan dalam organisasi.

by: Uwes A. Chaeruman
Silakan donlot bahan presentasi


Berbicara strategi pembelajaran, pada dasarnya bicara tentang bagaimana memilih, menentukan metode dan media serta meramukeduanya dalam suatu kondisi tertentu menjadi suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Jadi, preskripsi alias resepnya adalah begini:

  • Untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu (kalo ngacu ke domain menurut Bloom: kognitif, psikomotorik, afektif atau kombinasi semuanya);
  • Dengan kondisi tertentu (baik karakteristik siswa tertentu, maupun kondisi lingkungan, sekolah, sosial, budaya dan lain-lain);
  • Kombinasi metode dan media apa saja yang paling tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut secara efektif, efisien dan menyenangkan tentunya.
Resep tersebut diatas sebenarnya diadaptasi dari resep yang dikemukakan oleh Reigeluth.Kemudian, di sisi lain ada dua pendekatan kontinum strategi pembelajaran, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher-centered) dan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered). Kenapa saya katakan kontinum, karena tidak ada yang benar-benar teacher centered atau sebaliknya. Katakanlah kedua hal tersebut tidak dapat dipandang sebagai sesuatu yang diskrit. Pertanyaannya adalah, metode dan media apa sajakah yang relevan untuk pembelajaran yang berpusat pada guru dan kapan kita menggunakannya atau sebaliknya?Mari kita llihat atu persatu!
Pembelajaran yang Berpusat pada Guru
Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa

Dalam prakteknya, katakanlah selama dua kali empat puluh lima menit pembelajaran di kelas, tentunya kita akan menggunakan baik yang berpusat pada guru maupun yang berpusat pada siswa, tergantung pada karakteristik mata pelajaran dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tapi sebagai rambu-rambu, tentunya prosi yang ideal sebaiknnya adalah lebih banyak pembelajaran yang berpusat pada siswa. Oleh karena itu, dalam satu jam pembelajaran (2 x 45′) misalnya, akan terdiri menggunakan kombinasi dari beberapa metode dan media pembelajaran yang relevan.
Demikian, semoga bermanfaat. SELAMAT BERDJOEANG!
Sumber: Smaldino, dkk, “Instructional Technology and Media for Learning”, Edisi ke-9, Pearson/Prentice Hall, USA.
by: Uwes A. Chaeruman

Posting kali ini download aplikasi chatting offline installer, untuk berkomunikasi secara realtime, sebenarnya banyak sekali bukan hanya software yang saya sebutkan di judul posting saya ini, banyak aplikasi chatting seperti Palringo, Ebuddy, pidgin, webuzz dll yang belum sempat saya sebutkan, 4 aplikasi chatt yang saya sebutkan di judul poting ini adalah aplikasi yang sering orang gunakan, mungkin ada yang mau bantu aplikasi chatting yang ada di internet, silahkan komentar di posting ini.
Kenapa kita harus download Massenger yang Installer Offline, kenapa tidak yang Installer Online. Saya lebih cenderung memilih yang Installer Offline, karena setelah saya download aplikasi Massenger ini, saya dapat menginstall dibeda komputer tanpa terhubung dengan internet, sehingga saya dapat berbagi aplikasi massenger tersebut ke teman-teman tanpa perlu download lagi di internet, beda dengan yang Installer Online, kita harus selalu terhubung untuk menginstall massenger tersebut, jika koneksi cepat tidak masalah, lalu bagaimana jika koneksi lambat, bisa-bisa terputus dan kita mulai dari awal install nya, dan kita tidak dapat berbagi ke teman-teman. Download Aplikasi Yahoo, GTalk, Skype dan MSN Massenger Offline Installer :
1

Apa itu Microsoft Live@Edu ?
Latar Belakang
Penggunaan email sebagai identitas pribadi merupakan hal yang dibutuhkan saat ini. Apalagi jika setiap siswa memiliki email dengan domain sekolahnya, ini akan menambah kebanggaan siswa terhadap sekolahnya. Dan tentu saja sekolah dapat memberikan informasi yang update jika semua email siswanya lebih seragam sehingga mudah me-managenya.
Salah satu faktor masih jarang pihak sekolah memberikan nama email untuk siswa dan guru dengan domain sekolah adalah masalah ketersediaan hosting yang besar. Masalah ini dapat kita atasi dengan teknologi tanpa berbayar/gratis dari Microsoft yakni Live@Edu.
Tentang Microsoft Live@Edu
Live@edu memberikan fasilitas kepada pelajar, siswa, staf sekolah, guru, alumni dengan alamat email berdomain sekolah/kampus dan tersedia beragam aplikasi sehingga pelajar, guru, alumni dapat berkolaborasi dan berkomunikasi secara online.
Fasilitas yang tersedia:
  • Penghematan Biaya dan Waktu. Live@edu adalah layanan gratis untuk dunia pendidikan.
  • Siswa memiliki email dengan domain sekolah.
  • Siswa memiliki alamat email yang unik dan mereka bisa bawa setelah tamat sekolah. E-mailnya dilengkapi dengan Outlook Live dengan 10GB inbox dan 20MB attachment. Dan dilengkapi dengan spam filtering, kalender dan beragam fasilitas lain.
  • Beragam Fasilitas yang bisa dikoneksikan dengan aplikasi lain dengan tujuan kolaborasi yakni: Office Live Workspace, Windows Live SkyDrive, Windows Live Spaces,, Microsoft SharedView Beta, Windows Live Messenger, Windows Live Alerts
  • Membantu Siswa Online dengan Aman. Live@edu dilengkapi dengan beragam aplikasi keamanan seperti teknologi anti anti-phishing dan SSL-encrypted authentication.
  • Tetap berhubungan dengan Alumni Sekolah. Sekolah bisa membuatkan email untuk para alumni yang bisa tetap berhubungan dengan pihak sekolah.
Sasaran dan Tujuan
Sasaran dari program ini adalah meminimalkan kesenjangan digital di dunia pendidikan untuk sekolah SMP, SMA dan Universitas dengan mengaktifkan email berdomain sekolah mereka masing-masing dan memanfaatkan sebesar-besarnya fasilitas yang ditawarkan Microsoft Indonesia dalam programLive@Edu.
Sedangkan tujuan dari program ini adalah:
  1. Sekolah dan Universitas dapat menyediakan fasilitas email berdomain sekolah sehingga meningkatkan kecintaan pelajar dan mahasiswanya.
  2. Mudah memberikan informasi/pengumuman kepada pelajar atau mahasiswanya karena email mereka terdata dengan baik.
  3. Pelajar akan mendapatkan banyak manfaat dari program ini dengan memaksimalkan fasilitas Live@Edu.
Daftar Pengguna Live@Edu :


Sewaktu kita SD/MI bingung memilih SMP/MTs, setelah SMP/MTs bingung lagi memilih SMA/MA yang disukai dan dekat dengan rumah (agar tidak terlambat, karena di DKI Jakarta kita masuk jam 06.30 Pagi), tentunya kita pasti ingin dapat status Negeri bukan Swasta, tetapi ya nasib lah yang menentukan kita masuk Negeri atau Swasta, masa depan bukan hanya ditentukan oleh pendidikan kita berada di Negeri atau Swasta tetapi bagaimana kita menjalani kehidupan untuk lebih baik dari hari-hari yang telah lalu. Waktu memang tidak terasa dan cepat berlalu, akhirnya kalian sudah tinggal tunggu beberapa bulan menghadapi Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ujian Praktik di tingkat SMA/MA usahakan yang terbaik ya ... sekali seumur hidup kalian akan menempuh itu semua ... harus THE BEST.

Setelah itu apalagi ? BINGUNG lagi? Kuliah apa Kerja ? Kuliah di mana ? Mengambil Jurusan apa? Jiahhh gak usah bingung, paling utama adalah lihat kondisi ekonomi kita, jika belum diberikan kesempatan untuk kuliah, satu-satunya jalan kita harus kreatif, cari kerja atau membuat usaha kecil-kecilan, kalau belum diberikan kesempatan untuk kerja atau membuat usaha, satu-satunya jalan adalah mendekatkan diri kepada Allah, waktu luang kita manfaatkan untuk mengasah keahlian/bakat dan tentunya juga membantu orang tua, jangan merepotkan orang tua ya dan membuat mereka kesal. Selalu memohon doa kepada orang tua untuk masa depan kalian, karena doa mereka lah satu-satunya yang ampuh dan mujarab.
Untuk siswa yang ingin melanjutkan study, harus menimbang kemampuan, cita-cita, dorongan orang-orang terdekat, jangan sampai putus di tengah jalan (dopout) waktu sangat berharga, berfikirlah dengan matang dan mantap. Masa depan ditangan kalian.
Di postingan saya ini, saya lampirkan Prospek Kerja Jurusan IPA dan IPS dan Tes Potensi Akademik untuk Test SNMPTN 2010, mungkin bermanfaat sebagai salah satu pertimbangan memilih jurusan di kuliah nanti, silahkan di download link dibawah ini :

Jurusan di kampus untuk prospek kerja di masa depan :
  1. PROFIL DAN PROSPEK KERJA JURUSAN IPA
  2. PROFIL DAN PROSPEK KERJA JURUSAN IPS
Soal-soal Test Potensi Akademik SNMPTN :
  1. Soal Prediksi SNMPN Tes Potensi Akademik 1
  2. Soal Prediksi SNMPN Tes Potensi Akademik 2
  3. Soal Prediksi SNMPN Tes Potensi Akademik 3
Kunci Jawab Soal Potensi Akademik :
  1. Kunci Jawaban Test Potensi Akademik 1
  2. Kunci Jawaban Test Potensi Akademik 2
  3. Kunci Jawaban Test Potensi Akademik 3
1

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget