Latest Post

Materi pertemuan minggu ini adalah Microsoft Word 2007 dengan materi Mail Merge. Fungsi ini banyak digunakan ketika kita membuat suatu dokumen yang diperuntukan untuk orang banyak/tujuan yang berbeda-beda secara cepat dan rapih, contoh dokumen  yang sering menggunakan mail merge adalah surat undangan, sertifikat, maupun pengolahan nilai berupa rapot sederhana, dimana kita disini sebelum membuat mail merge harus mempunyai data untuk direcord terlebih dahulu. 
Langkah pertama untuk praktik materi Mail Merge kita buat terlebih dahulu dokumen dibawah ini dengan menggunakan kertas A4 :
Dapat download versi dokumen Word klik disini

Langkah kedua kita klik menu tab Mailings dan klik Start Mail Merge seperti gambar di bawah ini :

Langkah ketiga setelah kita klik sub menu Step by Step Mail Merge Wizard akan muncul jendela Mail Merge disebelah kanan dokumen kita yang terdiri dari 6 langkah step 1 of 6, seperti gambar dibawah ini :

Klik Next : Starting document untuk langkah selanjutnya, untuk langkah ke-2 kita pilih option Letter dan langkah ke-3 karena kita belajar Micorosft Word kita pilih Type new list lalu klik seperti gambar dibawah ini :

Setelah tombol Create di klik akan muncul jendela seperti dibawah ini :
Pada gambar diatas, klik Customize Column dan muncul jendela Customize Address List, klik Add dan akan muncul jendela baru lagi yaitu Add Field, di jendela ini tuliskan atau ketik : 1 Nama lalu klik Ok.
1 Nama akan masuk kedalam jendela Customize Address List, langkah selanjutnya klik Add dan masukan atau ketik 2 Tempat dan klik Ok, klik Add ketik 3 Tgl Lahir dan klik Ok, klik Add ketik 4 No Induk dan klik Ok, klik Add ketik 5 Nilai Word dan klik Ok, klik Add ketik 6 Nilai Excel dan klik Ok, klik Add ketik 7 Nilai Desain dan klik Ok, klik Add ketik 8 Nilai Blog dan klik Ok, klik Add ketik 9 Klik Predikat Word dan klik Ok, klik Add ketik 10 Predikat Excel dan klik Ok, klik Add ketik 11 Predikat Desain dan klik Ok, klik Add ketik 12 Predikat Blog dan klik Ok, dan hasilnya seperti gambar dibawah ini :

Setelah semua record dimasukan klik ok dan masukan data dibawah ini :

1 Nama : Budi
2 Tempat : Jakarta
3 Tgl Lahir : 03 Maret 1996
4 No Induk : 2009101
5 Nilai Word : 80
6 Nilai Excel : 90
7 Nilai Desain : 85
8 Nilai Blog : 90
9 Predikat Word : Baik
10 Predikat Excel : Sangat Baik
11 Predikat Desain : Baik
12 Predikat Blog : Sangat Baik

Setelah semua dimasukan, klik New Entry untuk memasukan data baru, dicobalah memasukan data seterah kalian sampai data ada 5 kali sebagai contoh menggunakan Mail Merge.

Setelah semua data diketikan, langkah selanjutnya klik Ok, sampai muncul jendela untuk menyimpan, simpan dengan nama file data nilai sertifikat lalu klik Save, seperti gambar dibawah ini :


Setelah di Save, langkah selanjutnya adalah masuk ke Langkah ke-4 (Step 4 of 6), klik lah atau taruh lah cursor di belakang tanda titik dua ( : ) pada tulisan Nama Peserta Didik pada dokumen Sertifikat, setelah itu klik More Item pada jendela Mail Merge disebelah kanan, seperti gambar dibawah ini :

Lalu pilih 1 Nama dan terus klik Insert dan Close. Lakukan langkah tersebut sampai dengan 12 Predikat Blog. Sehingga dokumen Sertifikat kita akan nampak seperti gambar dibawah ini :

Langkah berikutnya langkah ke-5, klik lah Next Preview you letters, tanda yang ada di gambar diatas akan berubah menjadi nama yang kita telah kita ketikan. Untuk melihat data selanjutnya klik tanda panah ke kanan pada bacaan Recipient, seperti gambar dibawah ini :



Langkah terakhir jika terlihat data sudah benar, yaitu klik langkah ke-6 (Next : Complete the merge). Klik Print untuk mencetak hasilnya.

Catatan : Sebenarnya cara untuk memasukan data nama dan nilai dapat menggunakan Microsoft Excel dan pastinya lebih mudah, tetapi itu adalah materi kalian kelas XI di Semester 4, di Semester 2 ini kalian fokus kan ke Pengolah Kata (Microsoft Word)


Pertemuan pada tanggal 7-8 Mei 2012 untuk kelas XI MAN 9 Jakarta, materi akan membahas tentang fungsi-fungsi yang telah dijelaskan dan dipraktikkan pada pertemuan-pertemuan sebelumnya yaitu, concatenate, vlookup, left, dan mid. Dengan fungsi-fungsi tersebut akan menghasilkan rumus yang dapat merubah angka menjadi huruf. Studi kasus kali ini adalah membuat Kartu Hasil Studi (KHS) MAN 9 Jakarta, diharapkan peserta didik dapat berlatih dirumah sehingga ketika pertemuan dengan materi ini berlangsung peserta didik dapat bertanya tentang kesulitan atau pertanyaan lain tentang materi ini, Kartu Hasil Studi (KHS) yang dibuat seperti gambar dibawah ini  :




  1. Ketika dimasukan angka di kolom Nilai sel F12 maka secara otomatis kolom Huruf sel G12 akan tertulis huruf sesuai dengan angka yang diketikan pada sel F12. 
  2. di Kolom Afektif akan secara otomatis tertulis huruf dari A s/d D tergantung dari nilai yang diketikan di sel F12, jika nilai > 90 akan menghasilkan huruf A, jika nilai >70 akan menghasilkan huruf B, Jika nilai >50 akan menghasilkan huruf C dan sisanya adalah D.
  3. Sedangkan pada kolom Keterangan tertulis Tuntas atau Tidak Tuntas, Jika kolom Nilai lebih besar dari KKM, maka tertulis Tuntas.
Rumus :
  1. Untuk Kolom Huruf : =CONCATENATE( VLOOKUP (LEFT(F12,1), puluhan, 2)," ",VLOOKUP (RIGHT(F12,1), satuan,2)) 
  2. Untuk Kolom Afektif : =IF(F12>90,"A",IF(F12>70,"B",IF(F12>50,"C","D")))
  3. Untuk kolom Keterangan : =IF(E12<=F12,"Tuntas","Tidak Tuntas")
Sebelum menulis rumus pada kolom huruf, terlebih dahulu blok tabel Satuan dan klik Define Name (berada pada Tab Formulas atau klik kanan pada tabel yang dblok lalu pilih Name a range) tulis di Name dengan kata Satuan. dan setelah itu blok tabel Puluhan dan lakukan hal yang sama seperti tabel Satuan.





3

Irksomely and distinctly wholesomely hurt woolly the much fragrantly less smirked cliquish the wolverine that rich antagonistically the discarded much the tensely and thus and a before so lovingly thought skillful across a some crud wherever tastefully far humane oafishly cumulatively.

Roadrunner along dainty fidgeted criminally far and much and sexual lizard vindictive covetous behind romantic goodness together ladybug some floated oh this and intensely until darn so more rat when cost but more sheared that to or angelfish yikes.

Hedgehog gosh and wherever when swung one yikes monkey jeez because hey thus showy together and and much wildly wept hence drove including pre-set as hello pled inside foretold soundly goodness and plankton merry where strongly blinked and one ostrich therefore far after and humbly tritely much jeez and mongoose save some more obsessive oversaw and.

Adversely empirically one one yawned along dear outside whimsically the however a swept ahead dear much sloth dear more that much darn far moody thus forbade daintily thus in passably that masterful and bowed grew on sold annoying bit less this piranha hawk until ubiquitously fretful pithy less by jeez expeditiously eccentrically.

Weakly eel dove up hatchet forecast alongside gosh dog underneath so highhanded far forecast far fantastically less irefully gurgled conspicuous howled dear less husky until hello and so swept qualitatively alas before forsook up spryly concretely coaxing grotesque goodness or dry wow wanly fawning extravagant a goat much swore piranha kookaburra quit as flexible guinea cautious endless acrimonious far gosh darn since rooster hawk feverishly covetous.


Untuk meningkatkan  mutu  pendidikan,  khususnya  mutu lulusan  Perguruan  Tinggi  Agama  Islam  (PTAI),  Direktorat Jenderal  Pendidikan  Islam  melalui  Direktorat Pendidikan Tinggi Islam menyelenggarakan program BEASISWA BIDIK MISI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM (PTAI) Tahun 2012.

Program  Beasiswa  Bidik  Misi  PTAI  adalah  beasiswa  pendidikan  yang  diberikan  kepada mahasiswa berprestasi  pada Perguruan  Tinggi  Agama  Islam  Negeri  (PTAIN), yang  berasal  dari keluarga kurang mampu. 

Untuk  memperoleh  beasiswa  Bidik  Misi  PTAI  Tahun  2012  ini,  harus  memenuhi  persyaratan sebagai berikut : 


Persyaratan Umum :
  1. Lulusan SMA/SMK/MA/Pesantren atau yang sederajat, tahun 2011 atau tahun 2012. 
  2. Sehat jasmani dan rohani. 
  3. Lulus  dalam  Seleksi Penerimaan  Mahasiswa  Baru Perguruan  Tinggi Agama  Islam  Negeri (SPMB_PTAIN). 

Persyaratan Khusus :
  1. Berasal  dari  keluarga  tidak  mampu  secara  ekonomi,  yang  ditunjukkan  dengan  surat keterangan dari pihak yang berwenang (Kepala Desa/Lurah). 
  2. Memiliki  prestasi  akademik/kurikuler,  ko-kurikuler,  maupun  ekstra  kurikuler  yang ditunjukkan  dengan  surat  keterangan  yang  dikeluarkan  oleh  kepala  sekolah/madrasah/ pimpinan pondok pesantren.

Untuk informasi lebih lengkap dapat mendownload dokumen dibawah ini :

Informasi nilai ujian Praktik mata pelajaran TIK untuk materi Pengenalan Pengolah Kata dan Pengenalan Pengolah Angka, untuk peserta didik yang tidak mencapai KKM, yaitu untuk kelas X dengan KKM = 70 dan kelas XI dengan KKM = 72. Segera melakuka remidial pada jam istirahat ke-1 dan ke-2 atau pada jam pulang sekolah. Remidial dilakukan selama 1 jam tiap harinya di Laboratorium Komputer MAN 9 Jakarta. Persiapkan diri terlebih dahulu dengan mempelajari soal-soal Praktik yang telah dilakukan selama pertemuan-pertemuan sebelumnya. 

Kelas X :
  1. Membuka dan menyimpan program pengolah kata Micorosoft Word 2007
  2. Proteksi dokumen dengan menggunakan password
  3. Setting konfigurasi batas margin dan ukuran kertas.
  4. Setting Font (jenis font, ukuran, dan warna), perataan teks, spasi dan Ident Paragraphs
  5. Memasukan gambar dengan menggunakan fasilitas ClipArt
  6. Membuat  Wattermarkm Page Color, dan Page Borders
Kelas XI :
  1. Membuka dan menyimpan program pengolah Angka Micorosoft Excel 2007
  2. Proteksi dokumen dengan menggunakan password
  3. Setting Alignment Teks (Wrap Text, Merge & Center, dan Align Text)
  4. Setting Number (Accounting Number Format (Rupiah), Comma Style, Increase dan Decrease Decimal
  5. Setting Font (jenis font, ukuran, dan warna) dan perataan teks
  6. Menggunakan Fungsi : 
    • Penambahan(Sum), Pengurangan, Perkalian, Count, Max dan Min
    • Left, Mid dan Right
    • And, Or dan Not
    • Multi If (IF Bercabang)
    • HlookUp dan VlookUp
Untuk melihat nilai ujian TIK Kelas X dan Kelas XI silahkan klik link ini : 
Nilai Ujian Praktik TIK Kelas X | Nilai Ujian Praktik TIK Kelas XI

Untuk kelas X silahkan download hasil kerjaan pas ujian kemarin, perbaiki dan diprint hari Kamis tgl 3 Mei 2012 dikumpulkan. Download disini 


REPUBLIKA.CO.ID,  Oleh: Prof KH Achmad Satori Ismail

Yahya bin Aktsam berkata, “Pada suatu malam aku menginap di rumah Amirulmukminin al-Makmun. Aku terbangun di tengah malam karena rasa haus yang sangat, maka aku pun bangkit (mencari air). Tiba-tiba Amirulmukminin berkata, “Wahai Yahya, apa gerangan yang terjadi?” Aku menjawab, “Demi Allah, aku sangat haus wahai Amirulmukminin.”

Lalu, Khalifah Makmun bangun seraya membawa seteko air untukku. Aku berkata, “Wahai Amirulmukminin, mengapa tidak kau suruh pembantu atau budak saja?” Beliau menjawab, “Tidak.” Karena bapakku meriwayatkan hadis dari bapaknya dan dari kakeknya dari Uqbah bin ‘Amir ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Pemimpin suatu kaum adalah pelayan mereka.’” (HR Ibnu Asakir, Abu Nu’aim).
Hadis tersebut di atas terdapat juga dalam kitab Al-Mawahib al-Laduniyah karangan al-Qastholani dan Syarah Az-Zarqani, juz 4, hlm 117-118. Kendati hadis ini lemah sanadnya, dikuatkan oleh beberapa hadis lain yang hampir serupa dan juga isinya tidak bertentangan dengan jiwa ajaran Islam yang memerintahkan kita untuk memberikan jasa sebanyak mungkin kepada manusia. 

“Amalan yang paling dicintai Allah setelah yang fardu adalah memasukkan kegembiraan di hati Muslim.” (HR at-Thabrani dari Ibnu Abbas). 

Ibnu al-Mubarok meriwayatkan dari Abi Syureih bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Di antara amalan yang paling dicintai Allah adalah memasukkan kegembiraan pada hati Muslim, melapangkan kesedihannya, membayar utangnya, atau memberi makan untuk menghilangkan rasa laparnya.” (Syu’abul Iman lil Baihaqi).

Sebaik-baik manusia adalah yang paling berjasa kepada orang lain. Uwais al-Qarni berkata, “Dalam perjalananku pernah melewati seorang pendeta, lalu aku bertanya, ‘Apakah derajat pertama yang harus dilewati seorang murid (pencari jalan tazkiyatunnafs)?’ Dia menjawab, ‘Mengembalikan semua hak orang dan meringankan punggung dari beban karena amalan seorang hamba tidak akan naik saat masih banyak hal-hal yang membebani dan menyusahkan orang lain. Tugas utama penguasa sebagai pelayan rakyat terfokus dalam dua hal, yaitu hirosatuddin dan siyasatuddunya (melindungi agama mereka dan mengatur urusan dunia.’” (Al-Ahkam as-Sulthoniyah, juz I, hlm 3).

Pelayanan bidang pertama berupa menjamin setiap warga negara agar memahami ajaran agamanya masing-masing, mampu mengamalkannya dengan baik, dan melindungi agama mereka dari berbagai bentuk kesesatan. Sedangkan, siyasatuddunya berupa pelayanan terhadap rakyat agar bisa hidup layak sebagai manusia yang bermartabat.

Tuntutan inilah yang mendorong Umar bin Khattab RA sering berkeliling malam hari untuk melihat kondisi rakyatnya. Saat ada yang mengeluh kekurangan pangan, ia menolongnya dan memanggul karung gandum sendiri.

Dalam kesempatan lain Umar pernah berkata, “Seandainya seekor keledai terperosok di Baghdad, niscaya Umar akan ditanya, mengapa tidak kau ratakan jalannya?”

Bila semua penguasa ataupun pemimpin di dunia menjadi pelayan rakyat atau anggotanya sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW, akan tegaklah keadilan dan umat manusia pun berada dalam kesejahteraan.


Redaktur: Heri Ruslan

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget